Ingin Puasa Lancar dan Aman, Hindari Makanan Ini Saat Sahur

Lenteramojokerto.com, Tips Sehat – Selama Ramadan, pola makan dan rutinitas sehari berubah. Jika biasanya makan tiga kali sehari, selama puasa hanya ada dua waktu makan besar, yakni buka puasa pada sore hari menjelang malam dan┬ásahur dini hari. Namun taukah anda, tidak semua makanan cocok dijadikan menu sahur lho karena akan memberikan efek buruk pada tubuh ketika berpuasa, dan tentunya puasa jadi tidak lancar.

Sebagaimana dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa makanan yang sebaiknya anda hindari saat sahur.

1. makanan pedas
Kandungan cabai yang banyak pada makanan pedas bisa memicu sakit perut yang efeknya adalah rasa sakit dan melilit pada lambung. Menyantap makanan pedas juga beresiko menyebabkan diare yang tentunya bisa mengganggu ibadah puasa sehingga tidak lancar.

2. Makanan gurih dan asin
Makanan dengan rasa gurih dan asin pun dianggap membuat selera makan meningkat. Padahal sebenarnya makanan gurih dan terlalu asin tidak disarankan untuk dijadikan menu sahur.

Terlalu banyak menggunakan garam pada makanan dapat memberikan efek buruk bagi kesehatan. Salah satu efek buruk makanan tinggi garam adalah membuat kita cepat merasa haus, yang tentu saja akan menganggu ibadah puasa kita.

3. Gorengan
Makanan yang digoreng membuat kamu cenderung selalu merasa haus. Makanan ini juga berpotensi menyebabkan peradangan sehingga membuat sakit pada tenggorokan. Oleh karenanya batasi makanan yang digoreng saat sahur atau imbangi dengan lauk yang berkuah.

4. Makanan tinggi gula
Saat menyantap menu sahur juga tidak disarankan untuk makan makanan tinggi gula. Makanan manis bisa melonjakkan kadar gula darah, selain itu juga bisa menyebabkan obesitas.

Salah satu efek dari makanan tinggi gula adalah membuat tubuh cepat lelah dan hanya memberikan energi selama 3-4 jam saja. Makanan tinggi gula juga bisa memicu rasa lapar ketika sedang berpuasa. Meskipun merasa cepat kenyang tapi makanan manis juga memicu rasa lapar.

5. Kopi
Kandungan kafein pada kopi dapat memberikan efek buruk bagi kesehatan tubuh selama puasa. Hal itujuga dapat membuat kita mengalami sakit perut hingga gelisah. Kafein juga dapat membuat orang lebih sering buang air, hal ini tentu saja bisa menyebabkan dehidrasi selama berpuasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *