Peristiwa

Matangkan Persiapan Pemilu 2024, PPK dan PPS se-Kota Mojokerto Simulasi Penggunaan Sirekap

×

Matangkan Persiapan Pemilu 2024, PPK dan PPS se-Kota Mojokerto Simulasi Penggunaan Sirekap

Sebarkan artikel ini
Sirekap
Ketua KPU Kota Mojokerto Saiful Amin

 

 

LenteraMojokerto – PPK dan PPS se-Kota Mojokerto digembleng pelatihan penggunaan sistem informasi rekapitulasi (Sirekap). Bimtek pemungutan dan rekapitulasi hasil perhitungan suara serta penggunaan Sirekap dalam Pemilu 2024 itu digelar di Hotel De Resort, Selasa (19/12/2023).

 

 

Ketua KPU Kota Mojokerto Saiful Amin mengatakan, bimtek kali ini untuk mengenalkan aplikasi terkait pemanfaatan sistem informasi rekapitulasi (Sirekap).

 

“Hal itu untuk mematangkan persiapan pemilu 2024 mendatang,” ucapnya.

 

Menurut Amin, aplikasi sirekap ini bisa mempercepat proses rekapitulasi suara. Selain itu, aplikasi ini bida diakses publik sehingga selain memudahkan tahapan rekapitulasi juga dapat menjaga hasil suara di TPS agar tetap sama.

 

Aplikasi Sirekap terdiri atas sirekap web dan sirekap mobile yang akan memberikan akun pada salah satu petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS).

 

Usai penghitungan suara secara manual, kata dia, petugas KPPS akan menuangkan hasil penghitungan ke dalam C pleno, kemudian difoto dan dimasukkan ke dalam sirekap mobile.

 

“Bimtek kami hari ini untuk PPS. Setelah terbentuknya KPPS, mereka akan melakukan bimtek di tingkat bawah,” kata Saiful Amin.

 

Dalam Bimtek kali ini, peserta akan dibekali materi teknis terkait Sirekap. Selain itu, peserta juga simulasi perhitungan suara, simulasi penulisan foam, dan pengambilan gambar dengan menggunakan aplikasi Sirekap.

 

“Nanti peserta akan diberi arahan cara mengisi form dalam aplikasi Sirekap itu,” jelas Ketua KPU Kota Mojokerto.

 

Saiful Amin berharap para peserta bimtek dapat serius mengikuti kegiatan dengan penuh rasa tanggung jawab berdasarkan prinsip-prinsip penyelenggara pemilu yakni jujur, adil, terbuka, berkepastian hukum personalitas.

 

“Kami berharap agar rekan-rekan bekerja di tingkat bawah dan mudah-mudahan tidak ada terjadi persoalan-persoalan,” pungkasnya.  (Diy)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *