Iklan Ali Prakosa

Budidaya Daun Jarak Sebagai Kegiatan Bisnis dan Konservasi

Apakah anda adalah pribumi dari jawa timur? Apakah anda mengetahui tanaman jarak seperti apa? yang kita ketahui bahwa terdapat aneka ragam tumbuhan yang mampu tumbuh subur pada daerah yang memiliki iklim tropis. Sehingga tanaman dari segala penjuru dunia bisa di temukan di Indonesia. Salah satunya tanaman jarak, di jawa timur khususnya terdapat sekian banyak tanaman herbal yang mampu menyembuhkan aneka macam penyakit. Sehingga masyarakat jawa timur masih menggunakan pengobatan alternative selain pengobatan secara medis.

Melalui tanaman jarak pagar ini segala jenis penyakit mampu diminimalisir. Sehingga kini tanaman jarak pagar sulit di temui di beberapa daerah karena manfaat yang melimpah akan tetapi minim sekali yang berniatan untuk membudidayakannya. Tanaman jarak pagar termasuk family euphorbiaceae. Jarak pagar ini merupakan tanaman tahunan yang mampu bertahan dalam keadaan kekeringan, mampu tumbuh dengan cepat juga tanamannya sangat kuat meskipun berada pada tanah yng panas dan tandus. Kondisi pH tanah yang sesuai dengan tanaman ini berkisar antara 5 – 6,5 tanaman jarak pagar dapat tumbuh pada daerah dengan ketinggian 0 – 800 m di atas permukaan laut, dan mampu bertahan dan tumbuh pada suhu rata-rata berkisar antara 25 – 350C. Tanaman jarak ini mengandung minyak sekitar 25 – 30% dan dari kremelnya mengandung minyak 50 – 60%. Jarak pagar berbentuk semak besar dengan tinggi dapat mencapai lebih 5 m, Panjang tangkai bunga antara 6 – 23 mm.

Daun kelopak berjumlah 5 helai, berbentuk bulat telur, dengan ukuran panjang 4 mm. Bunga berbentuk lonceng dengan mahkota bunga berjumlah 5 helai.

Tentunya kita semua tahu manfaatnya yang melimpah sejak dahulu. Tanaman jarak terkenal sebutannya dengan tanaman herbal yang mampu menyembuhkan segala macam jenis penyakit mulai dari mengobati luka luar, menurunkan panas, mengatasi susah buang air besar, reumatik, cacar air, gatal karena alergi dan banyak lainnya. Sejak jaman dahulu bahkan para penjajah pun menggunakan tanaman ini karena kaya akan khasiat dan manfaatnya. Sehingga tak heran jika kian tahun jumlah tanaman ini mulai langka dan sulit di dapatkan.

Menjadi sebuah peluang usaha ketika sesuatu hal yang banyak digunakan, memiliki banyak khasiat dan manfaat untuk tetap dibudidayakan juga bisa menjadi sebuah peluang usaha.

Budidaya jarak pagar merupakan celah bisnis yang bagus, dapat dilihat dari bagaimana banyaknya permintaan segala bagian dari jarak pagar mulai dari buahnya, bijinya, dan daunnya.

Semakin meningkatnya permintaan maka tanaman ini akan semakin langka jika tidak dibudidayakan dan dimanfaatkan dari segala aspek. Dimana penduduk khususnya Jawa Timur mayoritas masih mempercayai pengobatan herbal dari tumbuhan asli karena aman digunakan dan banyak khasiat dan manfaatnya.

Apakah ada yang tahu bisnis apasih yang masih memegang peringkat unggulan hingga kini?

Ya,.. Bisnis pertanian adalah salah satu jenis bisnis atau usaha yang tidak pernah mati, oleh karena itu dengan usaha melalui tanaman jarak ini.
Mungkin bisa dimulai dari budidaya jarak di pekarangan kecil terlebih dahulu, sembari mengetahui bagaimana cara yang baik dan benar mengelolanya sehingga bisa tumbuh dengan maksimal. Dan pelaku bisnisnya pun bisa dilakukan oleh semua orang, dengan modal awal yang kecil. Dalam bisnis ini tanaman jarak pagar bisa di produksi sebagai bubuk atau bisa dijual daun segarnya.

Dalam berjalannya sebuah bisnis tanaman jarak pemasaran yang bisa digunakan sebagai awalan yakni dengan menjualnya ke pasar pasar terdekat, menawarkan produk pada penjual jamu udek/ jamu jago/ jamu racik atau bisa langsung menuju pengepul sekitar. Konsumen sasaran dari tanaman ini tidaklah sulit, oleh karena itu disamping budidayanya yang mudah, peluang ini juga banyak pesaingnya karena jumlah peminat kian meningkat. Hal ini disebabkan dampak pandemic sehingga mayoritas penduduk kembali pada jaman herbal dan memilih bahan alam dan menghindari banyaknya bahan kimia.

BeritaLainnya

Dalam kurun waktu kondisi yang krisis dalam bidang kesehatan, dan ditunjang oleh kebutuhan tanaman herbal yang kian meningkat konservasi dari tanaman herbal jarak ini penting dan harus segera di adakan. Karena pemanfaatannya yang berlebihan dikhawatirkan akan terjadi langka dan tidak ada waktu untuk memperbaruinya.

Pemanfaatan yang ada di segala bidang seperti bidang kesehatan, perekonomian, industry, tanaman jarak mampu berperan aktif di dalamnya. Oleh karena itu penting adanya sebuah konservasi dan perhatian penuh terhadap tanaman ini. Bisa dimulai dari penyediaan lahan yang cukup untuk menampung tanaman jarak, perawatan dan perlindungan agar meskipun tanaman jarak ini dijadikan alternative dari banyak bidang akan tetap ada dan tidak punah.

Beberapa ulasan diatas sedikit memberi referensi bagi kita bahwa di sekitar kita masih banyak hal hal remeh tapi menyimpan manfaat dan peluang yang luar biasa dari segi pemanfaatannya pada banyak bidang terutama kesehatan dan juga menyimpan peluang bisnis didalamnya. Ketika peluang bisnis ini berada pada pribadi yang ulet dan pantang menyerah maka bisnis yang mampu berdiri di tengah situasi dan kondisi masyarakat yang demikian mampu mengantarkan bisnis yang mampu tempur di dunia persaingan dengan bisnis yang lain akan tetapi tetap memberikan perlindungan dan pelestarian agar tanaman jarak yang kaya manfaat dan khasiat tetap bisa dipergunakan dan tidak punah.

Artikel ini ditulis oleh :

Friska Septin Arianti Putri

Mahasiswa Ilmu Komunikasi

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Islam Majapahit

BeritaTerkait

Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terkini



Add New Playlist