Iklan Ali Prakosa

Korupsi Dana PNPM-MP, Guru Honorer di Jatirejo Harus Mendekam di Lapas II B Mojokerto

Mojokerto, LenteramojokertoKejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Mojokerto berhasil membongkar kasus tindakan korupsi dana Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MP) pada, Kamis (2/11/2021). Tersangka yang diketahui bernama Maretik Dwi Lestari (31) kini harus mendekam di Lapas kelas II B Mojokerto selama 20 hari kedepan.

Maretik yang merupakan warga desa Mojogeneng, kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto telah menyalahgunakan wewenangnya sebagai kasir PNPM-MP untuk menilap uang negara untuk kepentingan pribadinya. Diketahui sebanyak Rp 464,985,400 dana PNPM-MP raip.

korupsi dana pnpm-mp
Tersangka kasus tindak pidana korupsi dana PNPM-MP saat menuruni tangga kantor kejaksaan negeri Mojokerto

Kepala Kejaksaan Negeri Mojokerto, Gaos Wicaksono mengatakan, Pelaku yang juga merupakan seorang guru honorer di salah satu sekolah tingkat dasar ini, mendapatkan uang setoran dari kelompok peminjam di program Simpan Pinjam Khusus Perempuan (SPKP) dan Usaha Ekonomi Produktif (UEP). Namun, uang setoran tersebut tidak dilaporkan ke PNPM-MP.

“Pelaku waktu itu menjabat sebagai kasir PNPM-MP tahun 2018-2019. Saat kelompok peminjam memberikan setoran malah tidak dilaporkan ke PNPM-MP, malah dibuat untuk kepentingan pribadinya,” kata Gaos.

Lebih lanjut gaos menjelaskan, setelah melalui audit dari Inspektorat total sebanyak Rp 464,985,400 uang negara lenyap.

“Uang tersebut harusnya masuk ke kas PNPM-MP,”

Akibat perbuatannya, Maretik dikenakan pasal 1 dan 2 UU Tindak Pidana Korupsi dengan ancaman hukuman sedikitnya 4 tahun Penjara. (Diy)

 

 

 

 

BeritaTerkait

Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terkini



Add New Playlist