KesehatanTips

Minuman Ini Ternyata Baik Untuk Hati

×

Minuman Ini Ternyata Baik Untuk Hati

Sebarkan artikel ini

Lenteramojokerto.com, Tips Sehat – Hati atau kerap disebut liver memiliki fungsi membantu mengeluarkan racun dan mendetoks tubuh. Beberapa minuman dipercaya bisa membantu menjaga dan membersihkan hatu

Selain itu hati juga memiliki fungsi meregulasi nutrisi, mengaktifkan enzim, hingga banyak fungsi lainnya juga. Banyaknya fungsi hati inilah yang membuat ahli kesehatan begitu menyarankan untuk menjaga kondisi hati agar terus berfungsi dengan baik.

Banyak sekali cara untuk menjaga kesehatan hati, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi minuman sehat. Berikut ini 4 minuman enak pembersih hati alami menurut Food NDTV (18/1):

1. Kopi
Jadi minuman yang paling banyak penggemarnya, ternyata konsumsi kopi memiliki manfaat kesehatan yang besar. Tak hanya kandungan kafeinnya yang mampu membantu memicu energi, tetapi ada juga kandungan antioksidan dan komponen lainnya yang membuat kopi bermanfaat untuk seluruh organ yang ada di dalam tubuh.

Beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa kopi memiliki manfaat yang sama baiknya untuk menjaga kesehatan hati atau liver. Hal ini disebabkan oleh kandungan antioksidan pada kopi yang mampu membantu mengurangi simpanan lemak di dalam hati atau liver.

“Banyak penelitian eksperimental yang menunjukkan konsumsi kopi dalam kadar tertentu sebenarnya dapat membantu mengatasi permasalahan hati. Konsumsi kopi menunjukkan efek penurunan pengendapan lemak pada hati dengan cara meningkatkan Gluthathione-A melalui produksi antioksidan,” kata Rupalli Data selaku ahli gizi.

2. Teh Kunyit
Kunyit memang dikenal sebagai rempah super kaya manfaat. Fakta kunyit sebagai rempah terbaik untuk mencegah penyakit hingga pengobatan bukan lagi menjadi rahasia medis tetapi sudah diketahui secara luas oleh khalayak umum.

Ahli gizi, Rupalli Data juga mengatakan bahwa kunyit mengandung antioksidan yang membantu proses detoksifikasi dengan meningkatkan enzim-enzim yang diperlukan. Banyak ahli kesehatan yang juga merekomendasikan untuk menambahkan kunyit ke dalam kudapan yang disantap setiap hari dalam batasan yang wajar.

Selain membantu proses detoksifikasi, kunyit juga mampu membantu memperlancar sirkulasi darah. Efek jangka panjangnya ketika sirkulasi darah lancar maka kesehatan dan kebersihan hati atau liver semakin baik kondisinya.

3. Jus Buah Bit
Buah bit dikenal sebagai salah satu sayuran yang memang memiliki manfaat kesehatan yang begitu kaya. Buah tinggi antioksidan ini juga sangat disarankan untuk ditambahkan dalam pola makan secara rutin oleh ahli gizi.

Nutrisi yang terkandung dalam buah bit antara lain folat, pectin, betalain dan betaine. Walaupun tidak dalam kandungan yang sama banyaknya tetapi buah bit juga mengandung serat, mangan, potassium, vitamin A hingga vitamin C yang dibutuhkan tubuh.

“Kandungan nutrisi-nutrisi ini mampu membantu meningkatkan fungsi empedu yang mana juga berfungsi untuk membantu mengeluarkan racun-racun dari dalam tubuh dan membuangnya keluar,” kata Rupalli.

4. Teh Hijau
Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Nutritional Biochemistry menemukan konsumsi teh hijau yang diimbangi dengan olahraga mampu menjanjikan kesehatan untuk hati. Penelitian ini dilakukan pada seekor tikus laboratorium yang hasilnya mampu dipertanggungjawabkan.

Pada penelitian ini ditemukan tikus yang mengonsumsi ekstrak teh hijau dan melakukan olahraga ringan mampu menyerap nutrisi secara berbeda. Tubuh mereka bahkan mengalami perbedaan saat mencerna makanan yang diberikan setelahnya.

Menurut para ahli, hal ini diperkirakan karena komponen aktif yang secara alami terkandung dalam teh hijau. Kandungan antioksidan hingga epigallocatechin gallate atau EGCG yang terkandung cukup banyak dalam teh hijau menjadi alasan utamanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *