Iklan Ali Prakosa

5 Manfaat Lada Hitam Untuk Tubuh

Mojokerto, Lenteramojokerto.com – Lada hitam merupakan rempah-rempah yang sering digunakan sebagai bumbu penyedap masakan. Selain sebagai penyedap makanan, air lada hitam dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh lho, terlebih lagi dimana pandemi dan cuaca ekstrem yang seperti saat ini.

Dilansir dari Food NDTV (18/10) campuran lada hitam dan air bisa dikonsumsi untuk berbagai khasiat kesehatan seperti menjaga sistem pencernaan, menurunkan berat badan serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Untuk membuat air lada hitam cukup mudah, ambil tiga butir lada hitam utuh lalu rebus bersama segelas air. Biarkan mendidih dan tunggu sampai air berubah warna menjadi kecoklatan. Tuang ke dalam cangkir lalu nikmati selagi masih hangat. Air rebusan lada hitam ini bisa dikonsumsi pagi ataupun malam hari sebelum tidur.

Berikut 5 manfaat mengkonsumsi air lada hitam untuk kesehatan tubuh, sebagaimana dikutip dari berbagai sumber :

1. Menjaga kesehatan usus
Penelitian telah menunjukkan bahwa lada hitam dapat membantu meningkatkan bakteri baik di usus, hal ini berdampak pada kesehatan tubuh secara keseluruhan. Lada hitam juga memiliki fungsi sebagai bahan untuk proses detoksifikasi.

Racun dalam tubuh terutama yang bersarang di sistem pencernaan bisa dibuang secara bertahap.

2. Mengandung antioksidan tinggi
Dalam sebuah penelitian, disebutkan bahwa lada hitam kaya akan piperin, senyawa yang memiliki sifat antioksidan. Senyawa ini dapat membantu menghentikan sekaligus memperbaiki kerusakan sel akibat radikal bebas.

Dengan mengonsumsi air lada hitam, efek dari radikal bebas bisa diatasi secara alami. Namun hasilnya tidak bisa langsung terlihat karena pengobatan herbal membutuhkan jangka waktu panjang dan harus konsisten.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan
Penurunan berat badan adalah salah satu manfaat kesehatan yang juga bisa didapatkan dari minuman ini. Untuk menurunkan berat badan, kamu bisa minum air rebusan lada hitam ataupun menambahkan sejumput bubuk lada hitam pada air hangat.

BeritaLainnya

Air putih dan lada hitam sama-sama dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh sehingga meningkatkan kesehatan fungsi pencernaan dan juga memaksimalkan pembakaran kalori dalam tubuh. Air lada hitam aman dikonsumsi pagi hari ketika perut kosong tetapi pastikan jumlahnya tidak berlebihan.

4. Membantu Mengatasi Gangguan Pencernaan
Punya masalah pada sistem pencernaan? Coba konsumsi air lada hitam. Kandungan dalam lada hitam dapat berinteraksi dengan enzim pada sistem pencernaan sehingga membantu melancarkan saluran cerna.

Ketika mengalami sulit buang air besar, minum segelas air lada hitam dan tunggu efeknya beberapa saat. Iringi juga dengan mengonsumsi air minum yang cukup serta mengasup makanan tinggi serat.

5. Mencegah Dehidrasi
Meminum air lada hitam ternyata juga dapat mencegah tubuh dari dehidrasi sehingga tubuh akan terasa berenergi sepanjang hari. Rasanya yang sedikit pedas dan aromanya yang segar membuat air lada hitam ini juga ampuh meningkatkan mood.

Selain itu, air lada hitam juga dapat menjadi pilihan infused water yang biasanya dibuat dari buah atau sayur. Caranya cukup mudah, anda hanya perlu mengambil beberapa butir lada hitam lalu masukkan dalam botol minum dan tuangkan air panas atau air hangat secukupnya, jika airnya sudah habis kamu bisa mengisinya kembali. (Diy)

BeritaTerkait

Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terkini



Add New Playlist