Iklan Ali Prakosa

12 Gejala Kanker Limfoma yang Wajib Diketahui

 

 

Lenteramojokerto – Limfoma adalah kanker yang menyerang sistem limfatik (Sel limfosit), bagian dari sistem kekebalan tubuh. Sistem limfatik meliputi kelenjar getah bening, limpa, kelenjar timus, dan sumsum tulang belakang.

Pada pengidap kanker limfoma, sel-sel limfosit ini akan tumbuh dan berkembang secara tak terkendali. Akibatnya, tumor akan tumbuh dan berkembang menjadi kanker. Pertumbuhan yang abnormal ini akan menghambat kerja sel darah putih sebagai pelindung tubuh dari infeksi dan berbagai macam penyakit.

Limfoma dapat tumbuh pada bagian tubuh manapun, karena kelenjar getah bening sendiri tersebar di seluruh bagian tubuh. Jika sel-sel ini berkembang dan menyebar ke seluruh tubuh, maka dapat memengaruhi organ tubuh lain. Akibatnya, kanker akan tumbuh. ketahui gejala umum dari kanker limfoma, agar kamu dapat segera melakukan penanganan dengan tepat.

Terdapat dua jenis kanker limfoma yang banyak diderita. Yakni, jenis non-hodgkin yang menyerang kebanyakan penderita limfoma dan jenis hodgkin.

12 Gejala Umum Kanker Limfoma 

Gejala awal yang menjadi gejala utama pada pengidap kanker ini adalah munculnya benjolan pada leher dan ketiak. Benjolan ini tidak terasa nyeri. Bahkan, benjolan dapat muncul pada area tertutup, seperti selangkangan. Benjolan bukan satu-satunya gejala yang muncul, gejala lainnya meliputi:

  1. Pengidap akan sering berkeringat pada malam hari.
  2. Pengidap akan selalu merasa kelelahan.
  3. Pengidap akan mengalami demam tinggi dan menggigil
  4. Pengidap akan sering mengalami infeksi.
  5. Pengidap akan mengalami batuk yang tak kunjung sembuh.
  6. Pengidap akan mengalami penurunan berat badan tanpa sebab.
  7. Pengidap akan mengalami penurunan nafsu makan.
  8. Pengidap akan mengalami gatal di sekujur tubuh.
  9. Pengidap akan mengalami pembengkakan pada perut.
  10. Pengidap akan mengalami gangguan pernapasan.
  11. Pengidap akan mengalami pendarahan dengan volume darah yang berlebihan, seperti saat sedang haid atau mimisan.
  12. Pengidap akan mengalami sakit pada dada.

Perlu diketahui bahwa memiliki benjolan di area tubuh tertentu tidak selalu gejala dari kanker limfoma, pemeriksaan dini diperlukan untuk mendiagnosis secara pasti apa yang sedang kamu alami.

BeritaLainnya

 

Sumber : Hallodoc

BeritaTerkait

Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terkini



Add New Playlist