Iklan Ali Prakosa

5 Tips Agara Anak Terhindar dari Karang Gigi

Lenteramojokerto.com – Karang gigi adalah plak gigi mengeras yang bisa menyebabkan bau mulut, radang gusi, dan gigi berlubang. Jika terus dibiarkan, pastinya karang gigi bisa membuat gigi sakit bahkan bisa ditambal atau dicabut.

hampir 68 persen gigi orang dewasa mengalami karang gigi. Namun, bukan berarti anak-anak tidak terancam resiko ini. Mereka juga memiliki yang sama besarnya sehingga perlu dilakukan upaya-upaya pencegahan.

Yang terbaik adalah merawat gigi anak dengan baik dan mengunjungi dokter gigi secara teratur sebagai cara mencegah karang gigi pada anak dan penumpukan plak yang dapat berdampak negatif pada kesehatan mulut. Namun, untuk menghindari penumpukan karang gigi, sertakan tips dan trik ini ke dalam rutinitas harian anak setiap hari.

karang gigi
Gambar ilustrasi

Cara Mencegah Karang Gigi pada Anak

Berikut ini beberapa hal yang perlu orangtua lakukan sebagai cara mencegah karang gigi pada anak:

1, Sikat Gigi dan Flossing

Mungkin terdengar sepele, tetapi menyikat gigi dan flossing adalah hal terpenting yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan kesehatan gigi secara keseluruhan, baik sekarang maupun untuk tahun-tahun mendatang. Gunakan pasta gigi anti-plak fluoride untuk hasil terbaik dalam memerangi karang gigi.

Minta anak menyikat gigi setidaknya dua kali sehari, dan lakukan flossing atau perawatan benang gigi setidaknya sekali sehari. Benang tipis yang masuk ke sela-sela gigi anak dapat membantu menyingkirkan plak yang sulit dilihat yang cenderung menumpuk dengan cepat. Flossing juga membantu menghilangkan partikel makanan yang bisa berbahaya jika kamu membiarkannya menempel di gigi.

2, Gunakan Sikat Gigi Berkualitas

BeritaLainnya

Sikat gigi elektrik dapat membantu mencegah penumpukan plak, tetapi orangtua harus yakin untuk mengganti kepala sikat gigi anak setiap tiga bulan untuk kinerja yang optimal. Jika anak tidak menyukai sikat gigi elektrik, pastikan untuk menemukan sikat gigi manual yang berkualitas dan menggantinya setiap tiga bulan. Jika bulu mulai aus sebelum jangka waktu tersebut, ganti saja, karena tidak akan seefektif membersihkan gigi dan menghilangkan plak.

3, Gunakan Cairan Pembersih Mulut

Berkumur dengan obat kumur adalah hal yang kerap diabaikan anak-anak dan orang dewasa, padahal cara sederhana ini sangat membantu mengurangi jumlah plak dan mencegah penumpukan karang gigi. Berkumur dengan mouthwash akan membantu membersihkan plak saat ini dan membunuh bakteri yang dapat menyebabkan pertumbuhan plak baru. Obat kumur juga membuat mulut terasa segar dan bersih setelah menyikat gigi dan flossing.

 

4, Hindari Makan Makanan Manis Berlebihan

Mengonsumsi makanan manis dalam jumlah berlebihan dapat menyebabkan penumpukan plak berlebihan yang pada akhirnya akan menjadi karang gigi. Cobalah untuk menjauhi minuman ringan dan makanan, seperti kue, permen, dan makanan manis lainnya yang tinggi gula. Gula adalah tempat berkembang biaknya bakteri, dan penumpukan di mulut anak dapat menyebabkan plak yang dapat membuat masalah kesehatan mulut yang lebih serius. Pencegahan adalah salah satu kunci untuk tetap bebas karang gigi.

5, Temui Dokter Secara Berkala

Hal terbaik yang dapat kamu lakukan untuk gigi anak adalah mengunjungi dokter gigi secara teratur. Bahkan jika gigi anak benar-benar terlihat sehat, orangtua harus menjadwalkan janji temu setiap enam bulan sehingga dokter gigi dapat menemukan masalah kecil sebelum ia berkembang menjadi masalah serius. Pembersihan gigi profesional atau scaling adalah cara mencegah plak gigi pada anak dan orang dewasa yang paling efektif.

 

Sumber : halodoc.com

BeritaTerkait

Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terkini



Add New Playlist