Iklan Ali Prakosa

5 Perbedaan Kucing Persia dan Anggora, Jangan Salah Pilih

Lenteramojokerto.comKucing merupakan salah satu hewan yang paling diminati untuk dijadikan peliharaan. Salah satu yang membuat kucing menjadi hewan peliharaan karena kucing termasuk hewan yang penyayang. Kucing persia dan anggora merupakan jenis kucing yang banyak dipelihara. Hal ini karena kedua jenis kucing ini memang memiliki penampilan yang menggemaskan sehingga mudah membuat semua orang jatuh cinta.

Kedua kucing ini memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Meski demikian, tak jarang orang keliru membedakan kedua jenis kucing ini.

Perbedaan kucing anggora dan Persia ada pada hampir semua bagian tubuhnya. Kedua ras kucing ini memang memiliki bulu yang lebat dan panjang.

Namun, persamannya tidak berhenti di situ. Kucing anggora dan Persia nyatanya memiliki banyak perbedaan mulai dari personality, tingkat aktivitas, serta kebutuhan tubuhnya.

Kucing anggora dan Persia adalah dua jenis ras kucing yang berbeda. Maka dari itu, kebutuhan dan karakteristiknya pun akan berbeda pula. Berikut ini beberapa perbedaan kucing anggora dan Persia yang perlu diketahui:

1, Asal

* Persia

Kucing persia berasal dari Persia atau yang sekarang dikenal sebagai Iran. Kucing ini sangat populer di kalangan bangsawan Eropa sejak tahun 1600-an.

Kucing persia memiliki bulu yang panjang dan halus, yang merupakan hasil mutasi ilmiah.

* Anggora

Kucing anggora berasal dari kota Anggora (sekarang Ankara) yang ada di negara Turki. Kucing ini merupakan salah satu kucing ras tertua di dunia.

Tak ada yang tahu asal usul pastinya, akan tetapi diyakini bahwa kucing anggora berasal dari kucing liar Afrika. Kucing anggora mulai dibawa ke Eropa pada tahun 1600-an.

Sama seperti kucing persia, kucing anggora juga memiliki bulu-bulu panjang dan halus, yang merupakan hasil mutasi alami.

2, Bentuk Tubuh Kucing Persia dan Anggora

*Anggora

Kucing Anggora memiliki bentuk tubuh yang lebih ideal. Anggora akan terlihat lebih tinggi dari pada kucing Persia. Tubuh angora lebih langsung dan sedikit berotot. Anggora ramping dan halus dengan bulu-bulu ekor yang panjang.

*Persia

Sementara kucing persia terlihat lebih gemuk dari pada kucing angora. Kucing persia juga lebih pendek dan gempal. Kaki persia lebih pendek tapi terlihatkuat dan gemuk dengan cakar membulat. Tubuh persia cenderung terlihat bulat dengan kaki pendek dan ekor pendek tebal.

 

3, Bentuk Wajah

* Persia

Perbedaan paling jelas antara ras kucing persia dan anggora yakni ada pada wajahnya. Kucing persia memiliki wajah datar serta hidung yang sangat pesek dengan kepala bulat.

Mata kucing persia pun besar dan bulat terpisah jauh. Selain itu, telinganya rendah dan dekat dengan kepala.

BeritaLainnya

* Anggora

Kucing anggora memiliki kontur wajah segitiga dengan hidung yang sedikit runcing. Telinga kucing ini pun panjang dan bersudut lancip, dengan bentuk segitiga. Selain itu, telinganya juga berdekatan, tegak dan berjumbai.

 

4, Bulu

 * Anggora

Meski sama-sama memiliki bulu panjang, kucing anggora dan persia punya sejumlah perbedaan pada bulu. Kucing anggora memiliki bulu lebat namun tidak selebat kucing persia. Bulu di bagian wajah anggora juga tidak terlalu panjang. Namun, bulu di bagian ekor bisa sangat lebat dan panjang seperti musang.

* Persia

Berbeda dengan angora, kucing persia memiliki bulu yang sangat lebat dan padat. Seluruh bagian tubuhnya bisa terutup bulu yang tebal mulai dari wajah sampai ekor.

 

5, Kepribadian Kucing Persia dan Anggora

 

*Anggora

Anggora ramah dan penuh kasih sayang, dan akan menyapa semua orang yang ia temui. Anggora termasuk kucing yang aktif dan gesit. Energi kucing ini cukup tinggi, cerdas, dan suka bermain. Kucing yang gesit ini menyukai tempat tinggi, karena ia suka melompat.

Mereka tertarik pada semua yang kamu lakukan dan mengharapkan kamu tertarik pada mereka. Kucing anggora cocok dengan anjing dan hewan peliharaan lainnya, tetapi kucing yang tegas ini sering kali menjadi bos. Ras yang sangat aktif ini adalah pilihan yang baik untuk keluarga dengan anak kecil.

*Persia

Berbeda dengan angora, kucing persia lebih manis, lembut dan lebih menyukai ketenangan dan perlakuan yang lembut. Kucing ini sangat ceria tetapi tidak menuntut. Kucing persia berkomunikasi dengan suara lembut dan mata yang besar dan ekspresif. Bisa dibilang kucing persia adalah kucing yang cukup cuek.

Ras ini tidak menuntut perhatian penuh, tapi sangat menikmati perhatian ketika kamu memberikannya. Dibanding angora, kucing persia cenderung kurang aktif. Ia sering kali berbaring di kursi favorit atau berpose di ambang jendela, tetapi kemungkinan besar tidak akan ditemukan di tempat-tempat yang tinggi, karena ia bukan pelompat yang baik.

 

 

 

BeritaTerkait

Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terkini



Add New Playlist