Iklan Ali Prakosa

Dinsos Kabupaten Mojokerto Belum Tuntaskan Data Anak Yatim Korban Covid-19, Bantuan Kemensos Terancam Gagal

Dinsos, Data Anak Yatim, Anak Yatim, Kemensos, Dinsos Kabupaten Mojokerto
Foto Kantor Dinas Sosial Kabupaten Mojokerto

Mojokerto, Lenteramojokerto.com – Kementrian Sosial (Kemensos) RI tengah menyiapkan bantuan yang diperuntukan anak yatim yang ditinggal orang tuanya karena Covid-19. Namun, Pengumpulan data anak yatim oleh Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Mojokerto hingga saat ini masih belum tuntas.

Kasi Rehsos (Rehabilitasi Sosial) Dinsos Kabupaten Mojokerto, Ahmad Zainul Hasan megatakan, pendataan anak yatim yang ditinggal orang tuanya meninggal karena Covid-19 tersebut merupakan tindak lanjut dari surat edaran Kemensos RI nomor S-236/MS/C/HK terkait pengumpulan data anak-anak yang orang tuanya meninggal karena Covid-19 terutama di daerah Kabupaten Mojokerto.

“Kita menindaklanjuti arahan dari Kemensos yang punya kegiatan,  rencananya akan diikuti sama provinsi,” ucapnya dikutip dari Jatim.tribunnews.com pada, Minggu (22/8/2021).

Zainul juga menjelaskan, pendataan tersebut masih dalam proses yang terdiri dari beberapa tahapan, termasuk verifikasi ke wilayah desa terlebih dahulu.

BeritaLainnya

“Saat ini masih proses pendataan, data yang kita terima dari Dinas Kesehatan (Dinkes) harus kita kirim ke Camat terlebih dahulu untuk diberitahukan ke Kades aga memverifikasi sesuai wilayah masing masing,” paparnya.

Namun, saat disinggung jumlah keseluruhan calon penerima bantuan bagi anak-anak yatim/ piatu yang orang tuanya meninggal akibat Covid-19 di Kabupaten Mojokerto, Zainul menyampaikan masih dalam proses pendataan.

“Data belum masuk ke kita masih proses dan untuk data induk korban meninggal karena Covid acuan kita dari Dinkes,” terangnya.

Ia juga membantah jika pendataan anak yatim/ piatu yang ditinggal orang tuanya meninggal akibat Covid-19 tidak jelas dan berjalan lambat.

“Ya jelas kalau di tanya tentang data anak yang ditinggal orang tuanya meninggal karena Covid, tapi kalau data korban Dinkes jelas paham,” tegas Zainul.

Zainul juga menyampaikan, adapun persyaratan calon penerima bantuan dari kemensos tersbut yakni anak yang ditinggal orang tuanya meninggal karena Covid-19 dan dibuktikan surat keterangan meninggal akibat Covid-19 dari instansi terkait.

“Untuk bantuannya nanti ada tim sendiri dari Kemensos yang turun karena setiap anak kebutuhannya beda-beda, kita dimintai tolong sama Kemensos karena ada program tersebut,” pungkasnya. (diy)

BeritaTerkait

Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terkini



Add New Playlist