info kecelakaan, berita hari ini, politik, kriminal, hukum, peristiwa, terupdate, viral, Indonesia, Internasional, terbaru, berita mojokerto, mojokerto” /> adalah portal berita Indonesia hari ini meliputi, berita politik, kriminal, hukum, peristiwa, terupdate, berita viral, dari Indonesia hingga Internasional, terbaru” />
ADVERTISEMENT

Menjadi Seorang Guru SD? : Pilihan atau Tekanan?

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on pinterest

 

Pernah tidak sahabat-sahabat mengingat ketika masih duduk di bangku sekolah dasar, lalu seorang guru kalian bertanya; apa cita-cita kalian setelah dewasa?.

Pertanyaan ini akan sontak menimbulkan berbagai angan-angan, ada yang menjawab inggin menjadi pilot, jadi masinis, jadi dokter, jadi polisi, jadi presiden, namun banyak juga yang ingin menjadi guru. Masa-masa yang menyenangkan ketika mengingat itu, dengan kepolosan kita menjawab dengan mudah dan penuh ambisi.

Bagaimana dengan yang saat ini ragu ketika sudah memilih profesi sebagai guru?

Bukankah itu cita-cita yang kau dambakan sedari kecil?

Ya, ketika kita sudah memutuskan untuk mencoba berjuang dan berusaha dengan labelling diri sebagai sosok seorang guru, yang dalam bahasa jawa diberikan semacam definisi/pengertian sebagai GURU (Digugu lan Ditiru) – Diperhatikan dan Dicontoh.

Sudah mulai terasa jika menjadi seorang guru nampaknya tidak hanya berhenti pada persoalan bagaimana menyampaikan pengetahuan yang paling dasar, terkhusus di guru SD. Tidak hanya berhenti pada poin bagaimana kita bekerja, mendapat gaji, dan menggenakan seragam. Melainkan, bagaimana kita mencoba melakukan regenerasi intelektual besar-besaran yang harus ditata secara matang dari usia yang boleh dikatakan peralihan antara anak-anak dan remaja.

Menjadi sosok guru sekolah dasar, nampaknya cukup menjadi sorotan masyarakat hingga saat ini, bagaimana tidak?

Banyak anggapan masyarakat yang menyatakan jika “pintar tidaknya seorang anak dalam melanjutkan jenjang pendidikan selanjutnya, dipengaruhi oleh bagaimana dia ketika menempuh pendidikan dasar”, tidak heran banyak guru sekolah dasar yang saat ini harus bekerja lebih ekstra sehingga harapan masyarakat tersebut dapat terlaksana dengan baik.

Bagikan :

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on pinterest

Berita Terkait

Menarik_ Lainnya

Berita Lainnya

Lentera Sastra