info kecelakaan, berita hari ini, politik, kriminal, hukum, peristiwa, terupdate, viral, Indonesia, Internasional, terbaru, berita mojokerto, mojokerto” /> adalah portal berita Indonesia hari ini meliputi, berita politik, kriminal, hukum, peristiwa, terupdate, berita viral, dari Indonesia hingga Internasional, terbaru” />
ADVERTISEMENT

Hindari Pola Minum Ini Agar Terhindar Resiko Pikun

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on pinterest
Pikun,
Foto Gambar ilustras

Lenteramojokerto.com, Tips Sehat – Pada umumnya pikun dialami oleh orang-orang yang sudah lanjut usia. Namun ternyata pikun bisa dipicu banyak hal, termasuk pola minum.

Pikun adalah menurunnya kemampuan berpikir secara drastis, akibat menurunnya fungsi jaringan otak. Gejala pikun biasanya meningkat seiring pertumbuhan usia. Akan tetapi perlu diketahui, pikun bukan merupakan gejala normal dari proses penuaan.

Pikun dapat dialami siapa saja, hal itu terjadi karena berbagai faktor mulai dari faktor usia hingga gaya hidup. Sejumlah penelitian bahkan menyebutkan bahwa kebiasaan minum yang buruk juga dapat membuat seseorang lebih cepat pikun.

Berikut 4 kebiasaan minum yang dapat meningkatkan risiko pikun, menurut Eat This, Not That (6/2) :

1. Terlalu banyak minum alkohol

Mengonsumsi alkohol terlalu sering atau bahkan menikmati alkohol lebih dari satu gelas adalah kebiasaan yang dinilai paling buruk bagi orang dewasa. Kebiasaan seperti ini dapat meningkatkan kecenderungan gangguan kognitif hingga demensia.

Menurut penelitian yang dipublikasi oleh Alzheimer Society, konsumsi alkohol dapat berdampak negatif baik jangka pendek maupun jangka panjang. Menurut para peneliti, sisa alkohol yang ada di dalam tubuh juga dapat meningkatkan tekanan darah, diabetes, stroke hingga gagal jantung.

Banyak penelitian yang juga melaporkan sisa endapan alkohol di dalam tubuh dapat mengganggu kesehatan otak. Sebuah penelitian yang dipublikasi oleh Lancet Public Health melaporkan konsumsi alkohol yang terlalu berat dapat melipatgandakan risiko demensia dini hingga tiga kali lipat.

2. Terlalu banyak konsumsi minuman tinggi lemak

Jika kamu penikmat susu tinggi lemak untuk dicampurkan ke dalam kopi, disarankan untuk mulai meninggalkan kebiasaan tersebut. Bukan hanya lemak dari makanan, ternyata konsumsi minuman tinggi lemak juga berisiko untuk meningkatkan demensia atau kepikunan.

Bagikan :

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on pinterest

Berita Terkait

Menarik_ Lainnya

Berita Lainnya

No Content Available

Lentera Sastra