info kecelakaan, berita hari ini, politik, kriminal, hukum, peristiwa, terupdate, viral, Indonesia, Internasional, terbaru, berita mojokerto, mojokerto” /> adalah portal berita Indonesia hari ini meliputi, berita politik, kriminal, hukum, peristiwa, terupdate, berita viral, dari Indonesia hingga Internasional, terbaru” />
ADVERTISEMENT

5 Menu Sarapan Aman untuk Penderita Asam Lambung

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on pinterest
Asam lambung
Foto Gambar ilustrasi

Lenteramojokerto.com, Tips Sehat – Bagi penderita asam lambung, tentunya tidak boleh sembarangan dalam memilih menu sarapan. Berikut 5 menu sarapan yang dapat dikonsumsi oleh penderita asam lambung

Asam lambung merupakan kondisi dimana lapisan dalam saluran makan mengalami iritasi empedu. Kondisi tersebut membuat penderitanya merasakan sensasi terbakar di dada, hal itu disebabkan oleh naiknya asam lambung ke kerongkongan.

Penyakit tersebut biasanya disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat, seperti kebiasaan merokok, minum minuman beralkohol, minum kopi terlalu banyak dan sering minum minuman bersoda.

Para pengidap asam lambung tidak dapat sembarangan dalam mengkonsumsi makanan, terlebih lagi saat sarapan. Lebih dianjurkan mengkonsumsi makanan yang tidak mengandung kadar asam dengan jumlah banyak.

Berikut 5 menu sarapan yang dapat dikonsumsi oleh penderita asam lambung, sebagaimana dikutip dari Livestrong :

Asam lambung, sarapan
Gambar ilustrasi

 

1. Daging Tanpa Lemak

Daging tanpa lemak merupakan pilihan sarapan yang tepat bagi penderita lambung. Sementara daging tinggi lemak dapat menurunkan tekanan sfingter esofagus bagian bawah.

Selain itu, mengonsumsi daging tinggi lemak juga membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. Menurut IFFGD, daging itu dapat meningkatkan risiko refluks.

Refluks adalah penyakit gangguan pencernaan kronis. Pilihan daging rendah lemak yang disarankan adalah dada ayam dan daging kalkun tanpa kulit.

2. Buah-buahan Rendah Asam

Buah-buahan memang menyehatkan, tetapi untuk penderita asam lambung ada beberapa jenis buah yang tidak disarankan untuk dikonsumsi. Buah-buahan itu adalah yang tinggi kandungan asamnya.

Bagikan :

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on pinterest

Berita Terkait

Menarik_ Lainnya

Berita Lainnya

Lentera Sastra