info kecelakaan, berita hari ini, politik, kriminal, hukum, peristiwa, terupdate, viral, Indonesia, Internasional, terbaru, berita mojokerto, mojokerto” /> adalah portal berita Indonesia hari ini meliputi, berita politik, kriminal, hukum, peristiwa, terupdate, berita viral, dari Indonesia hingga Internasional, terbaru” />
ADVERTISEMENT

Resmikan BUMDes Medali, Mendes : Bupati Jangan Beri Izin Pendirian Minimarket

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on pinterest
Mendes, Medali, Izin Minimarket
Foto Mendes PDTT, Abdul Halim bersama Pemerintah Desa Medali

Lenteramojokerto.com, Mojokerto– Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar meresmikan Badan Usaha Mikik Desa (BUMdes) di Desa Medali, Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto, Selasa (1/2/2022).

Dalam kesempatan itu, Mendes PDTT Abdul megharapkan agar kepala daerah setempat tidak memberikan izin lagi terhadap pendirian mini market.

“Itu sangat bertentangan dengan cita-cita lahirnya BUMdes untuk mensejahterakan masyarakat, aka saya harap bupati-bupati jangan menghancurkan usaha masyarakat dengan memberi izin kepada alfamart-indomaret,” ucapnya usai kegiatan peresmian tersebut.

BACA JUGA :  Kemensos Malas Sanksi Pendamping PKH yang Merankap Supplier BPNT di Mojokerto

Bukan tanpa sebab, menurut politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini kehadiran mini market bisa menghancurkan usaha-usaha yang dirintis masyarakat.
“Kalau BUMDes lahir untuk menyejahterakan masyarakat, kalau BUMDes lahir justru dengan lahirnya BUMDes usaha warga masyarakat turun itu sama dengan suatu proses yang bertentangan dengan lahirnya BUMDes,” katanya.

Menurutnya, kualitas produk dan pemasaran menjadi kunci pengembangan BUMDes. Dengan kreativitas dan inovasi pengelola, BUMDes bisa melihat berbagai peluang usaha untuk mengembangkan perekonomian desa.

BACA JUGA :  Inflasi Dunia dan Lockdown Tiongkok Peluang Petani Indonesia, Mendag Lutfi di WEF 2022: Jangan Dirusak Standar Ganda

“Saya sangat bersyukur tadi juga saya sampaikan. Pertama saya bersyukur di sini ada geliat UMKM meskipun habis kena pandemi,” paparnya
Selain itu, jika BUMdes berkembang, maka bisa membuka peluan tenaga kerja baru untuk masyarakat desa setempat.

“Ada dua yang menjadi kunci kualitas produk dan pemasaran, dua hal ini yang menjadi perhatian Kementerian Desa. BUMDes yang saya temukan di Medali ini, BUMDes yang menempatkan diri sebagai BUMDes konsolidator,” katanya. (Diy)

Bagikan :

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on pinterest

Berita Terkait

Menarik_ Lainnya

Berita Lainnya

Lentera Sastra