info kecelakaan, berita hari ini, politik, kriminal, hukum, peristiwa, terupdate, viral, Indonesia, Internasional, terbaru, berita mojokerto, mojokerto” /> adalah portal berita Indonesia hari ini meliputi, berita politik, kriminal, hukum, peristiwa, terupdate, berita viral, dari Indonesia hingga Internasional, terbaru” />
ADVERTISEMENT

Mitos Ritual Kungkum di Sendang Made Dipercaya Dapat Meningkatkan Kesuksesan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on pinterest
Sendang made
Foto Sendang made

Lenteramojokerto.com | Jombang – Tradisi ritual kungkum sinden di Sendang Made, Desa Made, Kecamatan Kudu, Kabupaten Jombang sejak dulu dipercaya dapat meningkatkan kesuksesan, atau yang dalam istilah jawa disebut ‘penglaris’.

Juru kunci sendang mada Supono(60) mengatakan, bahwa ritual tersebut sudah dilakukan secara turun temurun sejak zaman raja Airlangga.

“Ritual yang sudah terjadi turun-menurun ini diyakini adalah warisan raja Airlangga yang sedang menyamar menjadi pengamen keliling bersama dayang-dayangnya yang selalu kungkum atau berendam di salah satu sendang di sendang made sehingga bisa meraih kesuksesan, sejak saat itu masyarakat percaya jika kungkum atau berendam di sendang made bisa meraih kesuksesan sama seperti raja Airlangga dulu”

Ritual yang dilakukan setiap pertengahan bulan November ini tidak pernah sepi pengunjung, mulai dari masyarakat hingga para pejabat juga turut memeriahkan tradisi tahunan tersebut.

Tradisi ritual ini sinden di Sendang Made ini merupakan acara sakral yang juga diwarnai dengan prosesi pelantikan atau pengukuhan.

“Umur para sinden yang akan di lantik atau kungkum di sendang made sangat beragam, rata-rata sinden yang ritual kungkum di sendang made berumur 17 tahun sampai 50 tahun dan bisa berjumlah 60 sinden dalam sekali acara yang di adakan dan hanya boleh dilakukan oleh perempuan asli dan tulen” jelasnya.

Diketahui dalam komplek sendang dengan luas 1,5 hektar tersebut berdiri sebuah petilasan atau pendopo besar yang biasanya dijadikan tempat istirahat bagi setiap pengunjung yang datang.

Bagikan :

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on pinterest

Berita Terkait

Menarik_ Lainnya

Berita Lainnya

Lentera Sastra