info kecelakaan, berita hari ini, politik, kriminal, hukum, peristiwa, terupdate, viral, Indonesia, Internasional, terbaru, berita mojokerto, mojokerto” /> adalah portal berita Indonesia hari ini meliputi, berita politik, kriminal, hukum, peristiwa, terupdate, berita viral, dari Indonesia hingga Internasional, terbaru” />
ADVERTISEMENT

Pantangan Setelah Terima Vaksin Booster

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on pinterest
Pantangan, Vaksin Booster
Foto Seorang kakek yang menerima vaksin booster di Kota Mojokerto

Lenteramojokerto.comVaksin dosis ketiga (Booster) sudah mulai diberikan sejak pertengahan Januari. Berikut pantangan setelah terima vaksin booster Covid-19.

Vaksin booster yang diberikan untuk memperkuat antibodi dalam melawan virus corona penyebab Covid-19, khusunya dalam perlindungan untuk menghadapi varian Omicron.

Syarat penerima vaksin ini adalah orang berusia 18 tahun ke atas, tinggal di kabupaten/kota yang telah mencapai vaksinasi dosis kedua 60 persen, dan sudah mendapatkan vaksin dosis kedua minimal 6 bulan.

Pemberian vaksin ini diprioritaskan untuk lansia dan orang yang memiliki penyakit penyerta.

Berikut hal yang tidak anjurkan atau menjadi pantangan setelah vaksin booster Covid-19.

“Bagi orang dengan penyakit kronis atau komorbid atau kondisi khusus sebaiknya ikuti nasihat, petunjuk atau larangan dokter yang berkaitan dengan penyakit penyerta (komorbid) tersebut,” kata Vito Damay, dokter spesialis penyakit jantung dan pembuluh darah saat dihubungi CNNIndonesia.com, Jumat (21/1).

Vito kemudian menyarankan untuk tidak menekan, memijat, atau menggosok lokasi bekas suntikan.
Selain itu, dia juga mengatakan agar tidak merokok dan konsumsi minuman beralkohol sebagai pantangan setelah vaksin booster Covid-19.

“Jangan merokok atau minum alkohol setelah vaksinasi, karena teorinya rokok menyebabkan oksidasi dan alkohol memperberat kerja metabolisme tubuh sehingga bisa saja berpengaruh terhadap proses respons imun terhadap vaksinasi,” ujarnya.

Anda juga sebaiknya tidak melakukan aktivitas fisik yang berat setidaknya selama 2-3 hari setelah vaksin. Pasalnya, tubuh membutuhkan waktu untuk pulih dari efek samping vaksin.

Bagikan :

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on pinterest

Berita Terkait

Menarik_ Lainnya

Berita Lainnya

Lentera Sastra