info kecelakaan, berita hari ini, politik, kriminal, hukum, peristiwa, terupdate, viral, Indonesia, Internasional, terbaru, berita mojokerto, mojokerto” /> adalah portal berita Indonesia hari ini meliputi, berita politik, kriminal, hukum, peristiwa, terupdate, berita viral, dari Indonesia hingga Internasional, terbaru” />
ADVERTISEMENT

Aliansi Selawase Serbu Kantor PN Surabaya

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on pinterest

Surabaya, Lenteramojokerto.com – Aliansi Selamatkan Waduk Sepat (Selawase) serbu kantor Pengadilan Negeri (PN) Surabaya pada, Selasa, (4/1/2022). Aksi kali ini merupakan respon atas gugatan lingkungan hidup yang dilakukan oleh warga Sepat, WALHI Jawa Timur, dengan Tekad Garuda kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya.

Salah satu tuntutan dalam aksi tersebut yakni membatalkan izin pendirian perumahan oleh Citraland dan mengembalikan fungsi waduk sebagaimana mestinya.

Direktur Eksekutif WALHI Jawa Timur Wahyu Eka Setiawan, menyampaikan bahwa alih fungsi Waduk Sepat bertentangan dengan fungsi Waduk sebagai kawasan reservoir yang harus dilindungi.

Karena perihal kawasan lindung setempat berdasarkan RTRW Kota Surabaya juga dalam UU Konservasi Nomor 5 Tahun 1990, menyebutkan jika suatu kawasan memiliki nilai penting, sebagai kawasan penyangga atau kawasan yang memiliki fungsi vital seperti untuk resapan air dan penampung air, seperti waduk merupakan wilayah yang harus dilestarikan dan dilindungi.

“Merujuk pada UU Konservasi Tanah dan Air No. 37 Tahun 2014 pada pasal 22 secara lugas menyebutkan bahwa waduk merupakan kawasan yang dilindungi. Hal itu pun sejalan dengan UU No. 17 Tahun 2019 pada pasal 26 menyebutkan jika waduk merupakan kawasan konservasi yang wajib dilindungi.” Jelas Wahyu Eka dalam keterangan tertulis.

Wahyu juga menjelaskan dalam konteks inilah dapat melihat bahwa kasus yang berkaitan dengan Waduk Sepat adalah kasus lingkungan hidup yang berkaitan dengan kawasan konservasi air.

Bagikan :

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on pinterest

Berita Terkait

Menarik_ Lainnya

Berita Lainnya

Lentera Sastra