info kecelakaan, berita hari ini, politik, kriminal, hukum, peristiwa, terupdate, viral, Indonesia, Internasional, terbaru, berita mojokerto, mojokerto” /> adalah portal berita Indonesia hari ini meliputi, berita politik, kriminal, hukum, peristiwa, terupdate, berita viral, dari Indonesia hingga Internasional, terbaru” />
ADVERTISEMENT

Perda Perlindungan Lingkungan Hidup Rawan Tarik Ulur Kepentingan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on pinterest
Ilustrasi Perda Perlindungan Lingkungan Mojokerto
Foto Gambar Ilustrasi

Mojokerto, Lenteramojokerto.com Perda Perlindungan Pengelolaan Lingkungan Hidup ( PPLH ) tak henti-hentinya mendapatkan sorotan dari pihak Mahasiswa. Pasalnya para pemodal pemilik tambang atau pengusaha yang beriirisan dengan limbah kemungkinan juga akan menitipkan kepentinganya dalam kebijakan daerah yang akan disahkan tersebut.

Ana Yuskristiyaningsih Ketua II Bidang eksternal PC PMII Mojokerto mengatakan bahwa PPLH yang digadang gadang menjadi alat perlindungan rakyat di lingkungan tambang ada kemungkinan akan banyak pihak yang memasukan kepentinganya, hal itu karena perda tersebut diduga akan memberikan pembatasan para pemodal tersebut untuk melakukan eksploitasi alam.

” Kita akan plototi terus bagaimana perjalanan dari perda PPLH, karena itu rawan kepentingan yang masuk terutama adalah para pengusaha tambang, ” jelasnya.

lebih lanjut mahasiswa Unim ini juga mejelaskan berdasarkan temuanya bahwa tidak sedikit dari perusahaan perusahaan maupun tambang gallian c yang berada diatas Lahan pertanian pangan berkelajutan ( LP2B ). ia berharap bahwa perda ini tak ada intervensi dari pihak luar dan perda tersebut riil menjadi perlindungan rakyat bawah.

” Dari data temuan kami galian C di jatidukuh misalnya hampir 80 persen berada diatas lahan LP2B, sedangkan banyak pula pabrik di wilayah kutorejo yang masih beerdiri di lahan pangan tersebut,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Mojokerto, Arif Winarko mengatakan bahwa pembahasan raperda PPLH sudah dalam tahap akhir. Pihak legislatif saat ini sudah berancang-ancang menyelenggarakan paripurna pengesahan Raperda Lingkungan ini.

Bagikan :

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on pinterest

Berita Terkait

Menarik_ Lainnya

Berita Lainnya

Lentera Sastra