ADVERTISEMENT

8 Kebiasaan yang Bisa Menaikan Asam Lambung

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on google

Lenteramojokerto.com – Penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah munculnya rasa terbakar di dada akibat asam lambung naik ke kerongkongan. Gejala penyakit asam lambung muncul minimal 2 kali dalam seminggu. Asam lambung juga bisa terjadi karena kebiasaan buruk yang dilakukan sehari-hari.

Asam lambung bisa disebabkan berbagai macam alasan, seperti cincin otot sfingter esofagus yang lemah, hernia hiatus (bagian lambung mencuat ke area dada melalui lubang diafragma), atau pola makan dan kebiasaan hidup sehari-hari yang tidak sehat.

Bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit asam lambung, sebaiknya hindari pola hidup ini agar asam lambung tidak kambuh.

1. Makan terlalu banyak


Makan terlalu banyak bisa membuat asam lambung anda kambuh. hal ini karena makan terlalu banyak, bisa memberi tekanan pada sfingter esofagus bagian bawah (LES).

Melansir Gastroconsa, 20 Desember 2019, LES adalah otot yang membuka dan menutup dalam organ tubuh, yang berfungsi menurunkan ke perut.

Ketika seseorang terlalu banyak makan, maka tekanan pada perut bisa membuat LES terbuka, dan memungkinkan isi perut bocor kembali ke kerongkongan.

Asam lambung yang bocor inilah yang menyebabkan perut terasa mulas.

2. Berbaring setelah makan
Ketika perut kita kenyang, kebanyakan membuat kita mengantuk. Namun, tidur setelah makan bisa menyebabkan naiknya asam lambung. Apalagi setelah mengonsumsi makanan berlemak.

Berita Terkait