info kecelakaan, berita hari ini, politik, kriminal, hukum, peristiwa, terupdate, viral, Indonesia, Internasional, terbaru, berita mojokerto, mojokerto” /> adalah portal berita Indonesia hari ini meliputi, berita politik, kriminal, hukum, peristiwa, terupdate, berita viral, dari Indonesia hingga Internasional, terbaru” />
ADVERTISEMENT

Mendag : Komitmen Indonesia Bangun Ekonomi Berbasis Rendah Karbon

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on pinterest
bangun ekonomi, ekonomi, bebas karbon, mendagri
Foto Mentri Perdagangan Republik Indonesia (Mendagri) Muhammad Lutfi saat temui Dewan Menteri OECD (Organisation for Economic Co-operation and Development) pada 5—6 Oktober 2021 di Paris, Perancis.

PARIS, Lenteramojokerto.com – Lawatan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi ke Paris Perancis bertemu Dewan Menteri OECD (Organisation for Economic Co-operation and Development) pada 5—6 Oktober 2021 menghasilkan potensi besar bagi Indonesia. Keikutsertaan Indonesia dalam kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat kerja sama dengan berbagai negara di dunia serta membahas berbagai isu perdagangan terkini.

Dalam kunjungannya, Mendag turut didampingi Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional Kementerian Perdagangan Djatmiko Bris Witjaksono. Dalam pembahasan Building A Green Future yang membahas Innovation and Inclusive Pathways to Net-Zero, Indonesia memberikan reafirmasi akan komitmen Indonesia dalam Paris Agreement untuk mengurangi emisi Gas Rumah Kaca (GRK) melalui penerbitan UU No. 16 tahun 2016 tentang Pengesahan Paris Agreement To The United Nations Framework Convention On Climate Change (Persetujuan Paris Atas Konvensi Kerangka Kerja Perserikatan Bangsa-Bangsa mengenai Perubahan Iklim).

BACA JUGA :  Bertemu Duta Besar Amerika Serikat, Mendag Zulhas: Sepakat Pererat Hubungan Ekonomi di Kawasan

“Indonesia berkomitmen untuk mengupayakan pembangunan ekonomi yang berbasis rendah karbon dan berketahanan iklim. Namun, kerja sama internasional diperlukan untuk mendorong kolaborasi antara pemerintah dan sektor swasta dalam rangka pengembangan kerangka regulasi kebijakan yang efektif,” jelas Mendag Lutfi.

Hal lain yang dibahas pada Building a Green Future ini, yaitu upaya mendorong agenda pemulihan ekonomi yang kini juga dikemas untuk mendukung agenda transisi menuju ekonomi hijau, inovasi, dan peluang ekonomi baru bagi para pekerja. Untuk mencapai upaya pemulihan ekonomi yang dipadukan dengan pencapaian target net zero emission, tentunya memerlukan kerja sama internasional. Hal ini dapat dilihat dari beberapa inisiatif yang diluncurkan beberapa negara seperti Green Deal (Uni Eropa), Build Back Better World (G7), Beyond Zero initiative (Jepang), dan Blue Dot Network (Amerika Serikat, Jepang, dan Australia).

Bagikan :

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on pinterest

Berita Terkait

Menarik_ Lainnya

Berita Lainnya

No Content Available

Lentera Sastra