info kecelakaan, berita hari ini, politik, kriminal, hukum, peristiwa, terupdate, viral, Indonesia, Internasional, terbaru, berita mojokerto, mojokerto” /> adalah portal berita Indonesia hari ini meliputi, berita politik, kriminal, hukum, peristiwa, terupdate, berita viral, dari Indonesia hingga Internasional, terbaru” />
ADVERTISEMENT

Penemuan Struktur Batu Bata Merah Diduga Candi di Sooko

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on pinterest
Struktur batu bata merah, Candi, Sooko
Foto Penemuan struktur batu bata merah di Sooko

Sooko, Lenteramojokerto Sebuah struktur dari batu bata merah menyerupai candi ditemukan di tengah area persawahan milik warga Mojokerto. Tepatnya di Dusun Kedawung, Desa Gemekan, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto.

Menutut keterangan dari petugas Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Provinsi Jawa Timur, struktur batu bata tersebut diduga sebuah candi peninggalan Kerajaan Majapahit.

“Struktur bangunan berupa batu bata merah tersusun di bagian sisi barat, panjangnya sekitat 6,5 meter, sisi selatan, utara dan timur belum terlihat,” jelas Muhammad Ichwan, Pamong Budaya Ahli Muda Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jatim, Selasa (28/9/2021).

BACA JUGA :  Kepala Dusun Ditemukan Tewas di Area Persawahan Trowulan
Struktur batu bata merah, Candi, Sooko
Penemuan struktur batu bata merah di Sooko

Hasil pemeriksaan yang dilakukan, pihaknya menemukan struktur banguanan di sisi barat dengan panjang 6,5 meter yang sudah terlihat. Sedangkan di selatan, utara dan timur belum terlihat.
“laporan dari masyarakat menemukan cagar budaya di Desa Gemekan, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto, kami langsung menindaklanjuti dengan mengecek,”

Masih kata Ichwan, Ia menduga temuan ini merupakan struktur candi yang ditandai adanya pola bangunan menjorok ke barat.

BACA JUGA :  Kasus Limbah di Bekas Galian C Mojokerto, Polres Uji Sampel ke DLH Jatim

“karena polanya menjorok ke barat, diperkirakan adalah candi. Soalnya umumnya bangunan atau struktur candi di Jawa Timur ada penampil ke arah barat,” jelasnya.

Sementara yang ditemukan tersusun dari batu bata merah dengan panjang 42 centi meter dan lebar 22 senti meter dan ketebalan 8-9 senti meter.

Bagikan :

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on pinterest

Berita Terkait

Menarik_ Lainnya

Berita Lainnya

Lentera Sastra