ADVERTISEMENT

5 Nutrisi Ini Bisa Meningkatkan Kecerdasan Anak

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on pinterest

Lenteramojokerto.com– Untuk meningkatkan kecerdasan anak usia dini orangtua dapat melakukan banyak hal, salah satunya adalah dengan memberikan makanan bergizi sebagai stimulus. Sebab, asupan gizi pada saat itu bisa menentukan pertumbuhan sel saraf yang dibutuhkan untuk kecerdasan otak.

Selain makanan, stimulus kognitif juga penting, Jika kedua hal itu terpenuhi dengan baik, maka tingkat pertumbuhan sel saraf pada usia 2 tahun bisa mencapai hingga 80 persen dari jumlah sel saraf.

BACA JUGA :  4 Olahan Jintan Untuk Menurunkan Berat Badan

Tetapi, jika pada masa emas anak kurang mendapat asupan gizi dan stimulus, pertumbuhan sel sarafnya bisa di bawah 80 persen. Dalam hal ini, orang tua harus mengenali zat gizi yang berkontribusi dalam pertumbuhan sel saraf. Berikut macam-macamnya:

Omega-3

kecerdaasan anak

Otak mempunyai kadar lemak paling tinggi dibanding organ lain. Pada lemak tersebut, terdapat asam lemak yang berguna sebagai komponen struktural membran otak.

BACA JUGA :  4 Olahan Jintan Untuk Menurunkan Berat Badan

Sekitar 50 persen mengandung asam lemak tak jenuh ganda, lalu sekitar 33 persen mengandung asam lemak omega-3 yang bersifat esensial. Omega-3 ini hanya bisa didapat dari makanan yang dikonsumsi.

Dalam hal ini, ibu hamil dan menyusui harus memenuhi omega-3 sebesar 1-3 gram setiap harinya. Sedangkan, bagi anak usia 1-3 tahun berjumlah 0,3-0,7 gram per hari, dan usia 4 tahun sebesar 0,5-1 gram.

BACA JUGA :  4 Olahan Jintan Untuk Menurunkan Berat Badan

Omega-3 dapat ditemukan pada beberapa jenis ikan. Berikut jumlah kandungan omega-3 pada beberapa ikan:

Bagikan :

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on pinterest

Berita Terkait

Menarik_ Lainnya

Berita Lainnya

Lentera Sastra