ADVERTISEMENT

5 Tips Agara Anak Terhindar dari Karang Gigi

karang gigi
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on google

Lenteramojokerto.com – Karang gigi adalah plak gigi mengeras yang bisa menyebabkan bau mulut, radang gusi, dan gigi berlubang. Jika terus dibiarkan, pastinya karang gigi bisa membuat gigi sakit bahkan bisa ditambal atau dicabut.

hampir 68 persen gigi orang dewasa mengalami karang gigi. Namun, bukan berarti anak-anak tidak terancam resiko ini. Mereka juga memiliki yang sama besarnya sehingga perlu dilakukan upaya-upaya pencegahan.

Yang terbaik adalah merawat gigi anak dengan baik dan mengunjungi dokter gigi secara teratur sebagai cara mencegah karang gigi pada anak dan penumpukan plak yang dapat berdampak negatif pada kesehatan mulut. Namun, untuk menghindari penumpukan karang gigi, sertakan tips dan trik ini ke dalam rutinitas harian anak setiap hari.

karang gigi
Gambar ilustrasi

Cara Mencegah Karang Gigi pada Anak

Berikut ini beberapa hal yang perlu orangtua lakukan sebagai cara mencegah karang gigi pada anak:

1, Sikat Gigi dan Flossing

Mungkin terdengar sepele, tetapi menyikat gigi dan flossing adalah hal terpenting yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan kesehatan gigi secara keseluruhan, baik sekarang maupun untuk tahun-tahun mendatang. Gunakan pasta gigi anti-plak fluoride untuk hasil terbaik dalam memerangi karang gigi.

Minta anak menyikat gigi setidaknya dua kali sehari, dan lakukan flossing atau perawatan benang gigi setidaknya sekali sehari. Benang tipis yang masuk ke sela-sela gigi anak dapat membantu menyingkirkan plak yang sulit dilihat yang cenderung menumpuk dengan cepat. Flossing juga membantu menghilangkan partikel makanan yang bisa berbahaya jika kamu membiarkannya menempel di gigi.

Berita Terkait