Rabu, 22 September 2021

Teks Proklamasi Asli di Tugu Alun Alun Kota Mojokerto

Mojokerto, Lenteramojokerto.com – Alun alun Mojokerto selalu mempunyai cerita. Selain fungsinya sebagi icon Kota Mojokerto, dibalik itu semua tugu Alun Alun Mojokerto memiliki catatan sejarah dibaliknya. Salah satu infrastruktur yang terdapat muatan sejarah yakni “Tugu Kaca Pengilon”.

Perlu diketahui, di Tugu Kaca Pengilon yang berada di dalam lempengan di tengah tugu tersebut terdapat teks proklamasi asli yang dibuat pada tahun 1949.

BeritaLainnya

Tugu Alun Alun
Tugu Kaca Pengilon yang berada di tengah tugu alun alun kota mojokerto

Seperti yang dijelaskan dalam halam facebook bernama serpihan catatan ayuhan nafiq, bahwa Mojokerto, seperti Kota lainnya di Jawa, pusat pemerintahan itu selalu ada infrastruktur yang bernama alun-alun di pusat kota. Dekat dengan alun-alun terdapat kraton tempat kediaman bupati dan masjid. Tata Kota semacam itu adalah khas gaya kraton mataram. Namun sesesungguhnya tata Kota itu menjiplak dari Kota majapahitan. Pada tengah alun-alun terdapat pohon beringin yang diberi pagar melingkar yang disebut Wringin kurung.

Pada Nopember 1949, menjelang penyerahan kedaulatan dari pemerintah jajahan belanda pada RI, di Mojokerto dilakukan pembicaraan tentang serah terima tersebut. Disela perundingan dibuat kesepakatan untuk membuat tugu peringatan yang diletakkan di alun-alun mojokerto.

Tidak jelas bagaimana prosesnya sehingga pihak Belanda yang masih menguasai Kota Mojokerto mengijinkannya. Yang jelas peletakan batu pertama pembangunannya dilaksankan dengan dihadiri oleh pihak RI, Belanda dan pejabat kabupaten yang diangkat oleh Belanda, biasa dikenal dengan nama Recomba.
Tugu peringatan itu kemudian dinamakan tugu proklamasi. Dinamakan demikian karena pada tugu itu terdapat teks proklamasi yang ditulis pada lempengan marmer. Teks itulah yang sekarang tertempel pada sisi selatan tugu.

BeritaTerkait

Gaya Hidup

Berita Pilihan



Welcome Back!

Login to your account below

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Lewat ke baris perkakas