Rabu, 22 September 2021

Mengenal Sosok Tirto Adhi Soerjo, Perintis Pers Nasional

Tirto Adhi Soerjo

“Tuan Tirto Adhi Soerjo. adalah induk jurnalis bumiputera di ini tanah Jawa. Tajam sekali beliau punya pena. Banyak pembesar yang kena kritiknya jadi muntah darah dan sebagian besar memperbaiki kelakuannya yang kurang senonoh,” tulis Mas Marcodikromo dalam artikel bertajuk “Mangkat” yang dimuat surat kabar Djawi Hisworoedisi 13 Desember 1918.

Lenteramojokerto.com – Raden Mas Djokomono atau Tirto Adhi Soerjo, adalah seorang pelopor dan perintis pers Nasional dan kebangkitan bangsa Indonesia. Ialah sesosok bangsawan jawa yang terus berjuang membela kaum pribumi dari penjajahan melalui media pers-nya yang bernama “Medan Prijaji”. Tak hanya itu, dia juga pendiri organisasi moderen pertama antaranya, Sarikat Prijaji, Sarikat Dagang Islamiyah yang berkembang menjadi Sarikat Islam, penyeru perhimpunan wanita yang kegiatanya berkisar disekeliling Poetri Hindia 1908. Sepak terjangnya inilah yang membuat Pramoedya Ananta Toer menulis karya “Sang Pemula” dan menginspirasi beliau dalam karya Novelnya di seri “Tetralogi”.

Jejak Langkah Tirto Adhi Soerjo

Djokomono atau yang lebih dikenal dengan Tirto Adhi Soerjo lahir di Blora, Jawa Tengah pada tahun 1880. Gelar raden mas menandakan bahwa Djokomono adalah putra atau cucu bupati dan masih terhitung keturunan raja-raja di Jawa. Kakeknya, R.M.T. Tirtonoto, menjabat Bupati Bojonegoro dan penerima Ridder Nederlandsche Leeuw, bintang tertinggi sipil dari Kerajaan Belanda. Sedangkan dari pihak nenek, ia mewarisi darah Mangkunegara I alias Pangeran Sambernyawa dari Surakarta.

BeritaLainnya

BeritaTerkait

Gaya Hidup

Berita Pilihan



Welcome Back!

Login to your account below

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Lewat ke baris perkakas