Rabu, 22 September 2021

Tips Merawat Kesehatan Mental bagi Penderita HIV

Kesehatan Mental, HIV/AIDS, tips
ilustrasi

HIV alias Human Immunideficiency Virus adalah penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh penderitanya sehingga mudah terserang penyakit lain. Namun terlepas dari hal tersebut, ada yang menyebetkan bahwa penderita HIV/ AIDS juga rentan mengalami gangguan kesehatan mental. hal ini karena penderita HIV rentan mengalami gangguan psikologis akibat berbagai kondisi yang dialaminya.

 

BeritaLainnya

Ada banyak hal yang bisa mengganggu kesehatan mental penderita HIV. Salah satunya adalah keharusan minum obat antiretroviral (ARV) seumur hidup yang bisa menimbulkan rasa insecure, karena tanpa obat ini penderita HIV/ AIDS akan jauh lebih rentan terhadap penyakit yang bisa berakibat fatal.

 

Disamping itu, banyaknya stigma sosial dan diskriminasi terhadap penderita HIV/ AIDS karena Ketidakpahaman mengenai HIV/ AIDS sering menjadikan penderita HIV merasa terasing.

 

Agar penderita bisa optimis dan semangat dalam menjalani pengobatan, penting untuk diketahui bersama cara merawat kesehatan mental bagi penderita HIV/ AIDS.

Cara Menjaga Kesehatan Mental Orang dengan HIV

Depresi adalah gangguan yang paling banyak terjadi pada penderita HIV. Selain itu, penderita HIV/ AIDS juga lebih rentan mengalami gangguan stres pascatrauma (PTSD), gangguan bipolar, dan skizofrenia.

Agar penderita HIV dapat menjalani hidup dengan produktif dan sehat, kesehatan mentalnya perlu dirawat dengan baik. Berikut adalah panduan untuk menjaga kesehatan mental bagi penderita HIV:

BeritaTerkait

Gaya Hidup

Berita Pilihan



Welcome Back!

Login to your account below

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Lewat ke baris perkakas