HOME // Peristiwa

 

Perayaan Waisak di Masa Pandemi , Polres Mojokerto Pantau Prokes di Maha Vihara Mojopahit

 Pada: 26 Mei 2021

Polres Mojokerto, Kapolres, Dony Alexander, waisak
Polres Mojokerto saat kunjungi Maha Vihara Mojopahit, Rabu (26/5/2021)

Lenteramojokerto | Mojokerto – Perayaan Waisak yang masih dalam masa pandemi Covid -19 Polres Mojokerto kunjungi Maha Vihara Mojopahit untuk Pemantauan penerapan protokol kesehatan (prokes). Dalam perayaan tersebut berlangsung khidmat meski di masa pandemi COVID-19.

Dalam kunjungan Polres ke Maha Vihara Mojopahit yang terletak di Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan juga melibatkan Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati dan sejumlah anggota Kodim 0815. Dalam perayaan Waisak tersebut juga dengan menerapkan prokes secara ketat. Setiap umat Budha yang datang ke Maha Vihara Mojopahit diperiksa suhu badannya dan wajib memakai masker.

“Kami memantau sekaligus memastikan upacara Waisak berjalan dengan lancar, ada pembatasan dan melaksanakan prokes. Alhamdulillah semua berjalan dengan baik,” Ujar Kapolres Mojokerto, AKBP Dony Alexander kepada wartawan di lokasi, Rabu (26/5/2021).

Sebelum perayaan Waisak dimulai, polisi melakukan sterilisasi vihara dengan menyemprotkan cairan disinfektan. Tidak hanya itu, 25 personil Polres Mojokerto dan TNI dikerahkan ke lokasi untuk menjaga keamanan selama upacara perayaan Waisak.

BACA JUGA :  Pendekar Silat Adu Jurus di Mapolres Mojokerto

“Penyemprotan disinfektan dilakukan ke seluruh bagian Maha Vihara Mojopahit untuk mencegah penyebaran COVID-19,” Ujar Dony.

Polres Mojokerto kunjungi Maha Vihara Majapahit pada hari waisak

Selain itu, Jumlah umat yang diizinkan mengikuti upacara perayaan Waisak juga dibatasi hanya 50 orang. Mereka mengikuti rangkaian ritual sejak sekitar pukul 16.20 WIB dengan selalu menjaga jarak satu sama lain.

Purnama Sidhi pada Hari Raya Waisak tahun ini jatuh pukul 18.13.30 WIB. Hari raya umat Budha tersebut mengusung tema ‘Eling dan Waspada Membangun Kepedulian Sosial’.

“Kami menyampaikan selamat Hari Raya Waisak untuk umat Budha, khususnya di Kabupaten Mojokerto. Semoga semua makhluk hidup damai dan bahagia,” terang Dony. (diy)









Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.




VIDEO TERKINI