info kecelakaan, berita hari ini, politik, kriminal, hukum, peristiwa, terupdate, viral, Indonesia, Internasional, terbaru, berita mojokerto, mojokerto” /> adalah portal berita Indonesia hari ini meliputi, berita politik, kriminal, hukum, peristiwa, terupdate, berita viral, dari Indonesia hingga Internasional, terbaru” />
ADVERTISEMENT

Mayoritas Petani, Dewan Dorong Pemkab Mojokerto Dirikan BUMD Bidang Pertanian

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on pinterest
Edi Ikhwanto, Dewan, BUMD Bidang Pertanian
Anggota Pansus Cadangan Pangan, Edi Ikhwanto

Lenteramojokerto.com | Mojokerto – Kesejahteraan petani di Mojokerto menjadi atensi khusus Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mojokerto. Warga Mojokerto yang mayoritas petani, membuat Dewan mendorong Pemerintah Kabupaten Mojokerto untuk mendirikan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Bidang Pertanian.

Edi Ikhwanto, anggota Pansus 1 yang membahas tentang Cadangan Pangan mengatakan, Kesejahteraan petani menjadi sangat penting, mengingat hampir 60 sampai 70 persen masyarakat Mojokerto berprofesi sebagai petani.

“Secara otomatis tentunya ini bisa mengurangi angka kemiskinan di Kabupaten Mojokerto.” Kata Edi pada, Selasa (6/4/2021).

Mengingat hal itu, masih kata edi, pihaknya mendorong pemerintah Kabupaten Mojokerto untuk segera mendirikan BUMD Bidang Pertanian.

“Ini untuk mensejahterakan Petani Kabupaten Mojokerto.” Tegas Edi.

Lebih lanjut, politisi PKB ini juga menjelaskan fungsi penting dari BUMD yaitu untuk menyerap semua hasil produksi dari petani mojokerto.
“Mulai dari bibit, pupuk, dan hasil panen harus bisa diserap.” Pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati mengatakan, bentuk kongkrit pemerintah dalam melindungi petani akan memberikan bantuan dana untuk dibuat mengolah hasil sawah agar memiliki nilai jual yang bisa bersaing.

“Perlindungan dan pemberdayaan petani dan pelaku usaha pangan merupakan tanggung jawab pemerintah daerah,” ucap Ikfina saat penyampaian pandangan dalam rapat paripurna, Senin (5/4/2021).

Bantuan dana yang dimaksudkan bertujuan agar petani dan pengusaha pangan bisa mengolah hasil pertanian menjadi produk pangan yang bisa memiliki niali jual lebih tinggi.

Bagikan :

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on pinterest

Berita Terkait

Menarik_ Lainnya

Berita Lainnya

Lentera Sastra