HOME // Hukum // Peristiwa

 

Dewan Akan Segera Panggil DLH terkait Pelanggaran Galian C di Jatidukuh

 Pada: 17 Maret 2021

Dewan, DLH, Jatidukuh, Mojokerto
Komisi III DPRD Kabupaten Mojokerto saat melakukan Sidak di Jatidukuh

Lenteramojokerto | Mojokerto – Terdapat temuan indikasi kerusakan lingkungan saat melakukan inpeksi mendadak (Sidak), Komisi III Dewan Pimpinan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mojokerto akan memanggil Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Mojokerto untuk dimintai informasi.

Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Mojokerto, Edi Ikhwanto mengatakan akan segera memanggil pihak terkait termasuk DLH untuk menggali informasi terkait kerusakan lingkungan akibat aktivitas Galian C di Desa Jatidukuh, Kecamatan Gondang.

“Ya kami akan segera melakukan hearing untuk menggali informasi dengan instansi terkait polemik galian tersebut.” Ujarnya.

Pemanggilan DLH untuk mengumpulkan informasi terkait kerusakan lingkungan mengingat instansi ini bertugas untuk pengawasan lingkungan tersebut.

“Kami akan segera memanggil DLH, mengingat upaya pengawasan lingkungan merupakan tugas dari DLH, teemasuk aktivitas Galian C.” Ujar dewan dari fraksi PKB.

Namun Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Mojokerto Didik Chusnul Yakin mengatakan, bahwa pihaknya akan mengirimkan jajaranya untuk meninjau lokasi galian.
“Kami akan meminta bidang pengendalian pencemaran untuk meninjau lokasi galian yang dikeluhkan warga.” Ujarnya.

BACA JUGA :  Galian C di Karangdieng Diblokir Warga, DPRD Kabupaten Mojokerto Akan Melakukan Pengecekan

Sebelumnya Komisi III DPRD Kabupaten Mojokerto sudah melakukan inpeksi mendadak (sidak) di Desa Jatidukuh, Kecamatan Gondang pada Jum’at (12/3/2021). Menyusul keluhan dari warga yang meresahkan aktivitas tambang yang mengganggu pengairan persawahan.

Pada saat melakukan sidak, Dewan menemukan temuan yang diantaranya indikasi kerusakan lingkungan. Kerusakan lingkungan tersebut diduga akibat aktivitas tambang yang tidak sesuai dengan kordinat perizinan. (Diy)









Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.




VIDEO TERKINI