Rabu, 22 September 2021

Pendopo Agung, Petilasan Pendiri Majapahit

Pendopo agung

Lenteramojokerto | Situs – Bila berjalan-jalan dan ingin menelusuri bekas-bekas peninggalan Majapahit yang ada di Trowulan, maka Pendopo Agung bisa masuk dalam daftar referensi. Terletak di Dusun Nglinguk, Desa Trowulan, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto.

BeritaLainnya

Di area pendopo tersebut, terdapat beberapa benda dan bangunan penting yang sangat berarti untuk mengenang masa kerajaan Majapahit. Di depan halaman Pendopo Agung tersebut, akan nampak patung Mahapatih Gadja Mada dan Patung Raja Brawijaya. Sedangkan Di belakang pendopo, akan terlihat relief yang dipahat di dinding yang menceritakan sejarah Kerajaan Majapahit.

Di belakang Pendopo Agung pula, ada yang namanya Patok Gadjah, yang konon katanya adalah tempat Patih Gadjah Mada menancapkan benda pusaka sebagai pengiring Sumpah Palapa-nya kala itu. Berjalan ke belakang lagi, maka akan ditemui sebuah bangunan joglo yang dipisahkan oleh tembok dari area Pendopo Agung Trowulan, tempat ini biasa dikenal dengan sebutan Makam Panggung. Yakni petilasan dari pendiri Kerajaan Majapahit yaitu Raden Wijaya.

Untuk Pendopo Agung sendiri, konon menurut cerita, dulunya adalah tempat dimana Mahapatih Gadjah Mada mengucapkan Sumpa Palapa.

“Gadjah Mada dulu mengucapkan Sumpah Palapa itu dua kali. Yang pertama adalah di belakang pendopo, tepatnya di Makam Panggung, sekaligus untuk pembuatan naskahnya.

Nah, yang kedua adalah di Pendopo inilah Sumpah Palapa diucapkan, di muka umum dan disaksikan raja ketiga majapahit, Tribuana Tungga Dewi,” cerita Muslimin, selaku juru pelihara di Pedopo Agung tersebut.

BeritaTerkait

Gaya Hidup

Berita Pilihan



Welcome Back!

Login to your account below

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Lewat ke baris perkakas