info kecelakaan, berita hari ini, politik, kriminal, hukum, peristiwa, terupdate, viral, Indonesia, Internasional, terbaru, berita mojokerto, mojokerto” /> adalah portal berita Indonesia hari ini meliputi, berita politik, kriminal, hukum, peristiwa, terupdate, berita viral, dari Indonesia hingga Internasional, terbaru” />
ADVERTISEMENT

Candi Wringin Lawang

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on pinterest

"Foto

Lenteramojokerto | Budaya – Candi Wringin Lawang atau yang lebih terkenal dengan Gapura Wringin Lawang merupakan tempat berserajarah peninggalan kerajaan Majapahit.

Gapura ini berlokasi di Jatipasar, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Indonesia. Tepatnya, bangunan ini terletak tak jauh ke arah selatan dari jalan utama di Jatipasar.
Dalam bahasa Jawa, Candi Wringin Lawang mempunyai arti ‘Pintu Beringin’.

Pengambilan nama ini juga dari bentuk candi yang merupakan sebuah gapura.Wringin artinya beringin, sedangkan Lawang adalah pintu, Wringin Lawang berarti sebuah candi yang berbentuk seperti pintu.

Wringin Lawang merupakan salah satu situs yang berbentuk gapura tanpa atap. Menurut sejarah, candi ini perkiraan menjadi gapura menuju salah satu kompleks bangunan yang berada di kota Majapahit.

Walaupun belum dapat dipastikan apakah gapura ini menjadi pintu masuk atau keluar.Tidak banyak yang diketahui tentang masa pembangunan maupun fungsi candi ini. Dalam tulisan Raffles tahun 1815, Menyebut bangunan kuno ini dengan nama Gapura Jati Paser.

Sebutan itu kemungkinan berkaitan dengan nama desa tempat candi itu berada pada zaman dahulu. Dalam tulisan Knebel tahun 1907, gapura ini disebut sebagai ‘Gapura Wringinlawang.

Candi Wringin Lawang

Candi Wringin Lawang merupakan candi tipe bentar, yaitu gapura yang bangun tanpa atap. Candi bentar biasanya berfungsi sebagai gerbang terluar dari suatu kompleks bangunan.

Bagikan :

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on pinterest

Berita Terkait

Menarik_ Lainnya

Berita Lainnya

Lentera Sastra