info kecelakaan, berita hari ini, politik, kriminal, hukum, peristiwa, terupdate, viral, Indonesia, Internasional, terbaru, berita mojokerto, mojokerto” /> adalah portal berita Indonesia hari ini meliputi, berita politik, kriminal, hukum, peristiwa, terupdate, berita viral, dari Indonesia hingga Internasional, terbaru” />
ADVERTISEMENT

Candi Brahu Merupakan Candi Tertua di Majapahit

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on pinterest
Candi Brahu Merupakan Candi Tertua di Majapahit
Foto Candi Brahu
Candi Brahu Merupakan Candi Tertua di Majapahit
Candi Brahu

lenteramojokerto.com | Mojokerto hari Ini – Dikutip dari lenterainspiratif.id bahwa Candi Brahu merupakan candi tertua yang dipercaya telah ada sebelum kerajaan Singasari, Majapahit, dan Kediri berdiri yakni sekitar abad ke 15 M dengan dugaan adanya Prasasti Alasanta yang ditemukan di sebelah barat candi yang dibangun pada masa Raja Mpu Sindok dari kerajaan Medang Kamulan. Candi Brahu sendiri terletak di Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto yang dikelilingi oleh 4 candi yakni Candi Gentong 1 dan 2, Candi Muteran, dan Candi Gedong.

Candi Brahu memiliki kaki candi yang disusun menjadi dua bagian yakni begian bawah dengan ketinggian sekitar 2 meter dan memiliki tangga di sisi barat menuju ke selasar pertama selebar sekitar 1 meter, dan dari selasar pertama terdapat tangga dengan ketinggian sekitar 2 meter menuju ke selasar kedua, dan di atas selasar kedua terdapat tubuh candi. Sedangkan untuk sisi barat, terdapat lubang seperti pintu dengan ketinggian sekitar 2 meter dari selasar kedua. Dan pada puncak candi terdapat sumur.

Sebelum nama Brahu disematkan, nama candi ini sebelumnya adalah Warahu atau Warahu yang berati tempat pemuja. Warga sekitar mengasumsikan bahwa dahulu Candi Brahu menjadi tempat pembakaran mayat, akan tetapi asumsi seperti itu masih menjadi asumsi tak bermakna karena menurut para peneliti tidak ditemukan bukti untuk membuktikan asumsi masyarakat tersebut. Candi Brahu juga telah mengalami dua kali pemugaran yakni pada tahun 1920 dan 1995.

Bagikan :

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on pinterest

Berita Terkait

Menarik_ Lainnya

Berita Lainnya

Lentera Sastra