HOME // Inspirasi

 

Menjadi Blogger Sukses, Harapan Baru Yang Ingin Bekerja Dirumah Saja

 Pada: 27 Oktober 2020

blogger sukses, blogger profesional, sukses, pengusaha sukses
Menjadi blogger sukses dan profesional (foto : unsplash/Andrew Neel)

Ditengah pandemi covid yang entah kapan berakhir, menjadi blogger sukses dan profesional menjadi impian sebagian kalangan. Terutama yang memiliki hobi menulis dan ingin meraih pendapatan dengan cara online.

,

Namun tak semudah membalik telapak tangan, menjadi blogger profesional seperti Iwan Banaran bukan perkara sederhana. Menulis blog bukan asal membuat blog dan menulis kontennya, namun butuh perencanaan yang matang. Intinya adalah, bagaimana blog yang kita buat menjadi bernilai dan dibutuhkan masyarakat.

Bagaimana mencapai tujuan itu, simak tips berikut ini :

Menjadi blogger sukses bukan seperti simsalabim, esok langsung melejit. Akan tetapi butuh persiapan yang matang.

  • Tentukan Topik dan Tujuan

Langkah pertama sebelum membuat blog adalah, menentukan tujuan. Kita harus tahu bagaimana blog itu kita buat dan akan dikemanakan nantinya. Kembali pada tujuan awal seorang blogger yakni, menyalurkan bakat menulis, berbagi informasi dan meraih pendapatan secara online, maka perlu kesabaran dan keuletan saat membangun sebuah blog.

Setelah menemukan tujuan blogging, barulah kita mulai menentukan topik atau niche apa yang akan kita tulis. Tentukan satu topik yang menjadi minat atau keahlian anda agar tidak kehabisan ide saat menulis dalam jangka panjang. Lebih baik lagi apabila topik yang kita tulis dibutuhkan oleh banyak masyarakat.

  • Pilih Platform Yang Baik

Memilih platform yang baik sangat penting bagi seorang blogger sukses. Apalagi yang berorientasi menjadi blogger profesional. Ada banyak platform pilihan yang digunakan oleh para blogger profesional, diantaranya adalah platform CMS (Content Management System) blogspot dan wordpress.

Kedua platform diatas sangat mudah digunakan dan tidak memerlukan pengetahuan mendalam tentang coding. Selain itu, tampilannya juga rapi dan mudah untuk dimodifikasi templatenya.

BACA JUGA :  Inovasi Baru Onde-Onde Oven Untuk Penderita Diabetes
blogger sukses, blogger profesional
(foto : unsplash/Andrew Neel)
  • Kembangkan Skill dan Kreatifitas

Saat memulai blogging, bagi seorang blogger pemula perlu untuk terus mengasah skillnya. Terutama dalam hal menulis, karena pada dasarnya produk utama dari sebuah blog adalah artikel. Untuk meningkatkan hal itu, apa saja yang harus dilakukan ?

– Fokus pada Topik blog. Tetaplah menulis pada topik yang kita pilih. Fokuskan artikel blog pada topik yang kita rencanakan, agar pembaca juga ikut fokus mengunjungi blog kita. Lalu bagaimana bila topik kita melebar pada hal lain ? bagilah artikel tersebut menjadi beberapa judul dan tautkan satu dengan lainnya.

– Hindari Kalimat Tak Penting dan Buat Dengan Paragraf Pendek. Hindari penggunaan informasi tidak penting dalam penulisan artikel. Ingat, pembaca yang mengunjungi blog kita hanya ingin mendapatkan informasi yang mereka butuhkan dan tidak ingin bertele-tele membaca informasi tak berguna.

– Lakukan Eksperimen. Blogger profesional semua pernah melakukan eksperimen untuk mengembangkan blognya. Diantaranya adalah dengan melakukan eksperimen membuat yang foto menarik. Dengan foto yang menarik dan unik, akan memengaruhi pembaca betah mengunjungi blog kita. Selanjutnya yang tidak kalah pentingnya adalah eksperimen SEO (Search Engine Optimisation). Pentingnya melakukan eksperimen SEO adalah untuk menjaga agar blog kita tetap berada di halaman utama mesin pencari. Salah satu eksperimen yang kerap dilakukan untuk SEO adalah riset kata kunci (Keywords). Namun karena Ilmu SEO yang dinamis dan terus berkembang, seorang blogger harus konsisten untuk melakukan eksperimen dan mengasah kemampuannya.

  • Minimalisir Kesalahan

Bagi blogger pemula, banyak kesalahan yang kerap dilakukan. Berikut beberapa kesalahan umum yang kerap dilakukan oleh para pemula saat pertama kali membangun sebuah blog.

– Keliru memilih Nama Domain. Nama domain sangat penting bagi sebuah blog, karena domain adalah identitas sebuah blog. Jadi, untuk menentukan domain harus sesuai dengan topik apa yang akan kita bahas. Tidak mungkin kan, bila blog kita membahas topik tentang fotografi lantas menggunakan domain petshop.

BACA JUGA :  Warga Mojokerto Sulap Lahan Kosong Jadi Kebun Indah 

Melanggar Hak Cipta. Buatlah konten original dan unik, bukan hanya naskah artikel, melainkan juga pernik foto yang tersisip didalamnya. Bagi seorang blogger, harus menghargai hasil karya orang lain. Apabila terpaksa menggunakan materi dari pihak lain seperti foto gratisan, cantumkan sumber atau nama pemilknya seperti ketentuan yang berlaku. Pelanggaran hak cipta bukan hanya merugikan si pemilik aslinya, namun juga diri anda sendiri dikemudian hari.

  • Bangun Jaringan

Langkah terakhir bagi seorang blogger adalah dengan membangun jaringan. Dengan membangun jaringan, anda memiliki kesempatan untuk melakukan promosi yang murah atau bahkan gratis. Salah satu cara untuk membangun jaringan adalah dengan mengikuti komunitas-komunitas blogger yang ada di Indonesia, seperti kompasiana dan lain sebagainya. Disamping itu, cobalah untuk memperkenalkan blog anda secara langsung melalui kunjungan ke teman atau melalui sharing media sosial seperti facebook. (and)

 

 

 

 

 

 









Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.




VIDEO TERKINI