Minggu, 19 September 2021

Kenang Sang Proklamator, Walikota Mojokerto Peringati Hari Kemerdekaan di Sekolah Soekarno Kecil

HUT RI ke 75
foto : pelaksanaan upacara di sekolah soekarno kecil

lenteramojokerto.com| Magersari – Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-75 di Kota Mojokerto, dirayakan secara berbeda pada tahun ini. Di tengah kondisi pandemi Covid-19, Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari sengaja memilih SMP Negeri 2 sebagai lokasi upacara peringatan Hari Kemerdekaan, Senin (17/8/2020).

Salah satu sekolah menengah pertama yang ada di Kota Mojokerto tersebut, tidaklah lepas dari kenangan dan sejarah bagi warga Kota Mojokerto. Karena, di sekolah yang dulunya dikenal sebagai Europesche Lagere School (ELS) merupakan tempat sang proklamator kemerdekaan mengenyam pendidikan pada tahun 1911.

BeritaLainnya

“Tempat ini, telah menjadi kebanggaan kita bersama masyarakat Kota Mojokerto, bahwa sang proklamator IR Soekarno atau Kusno pernah tinggal selama delapan tahun lebih dan mengenyam pendidikan di Kota Mojokerto. Salah satunya di sekolah ini, yang dulu disebut sebagai ELS. Untuk itu, kami ingin merayakannya kebahagiaan ini di sini,” kata Ning Ita, sapaan akrab wali kota.

Upacara peringatan HUT RI ke-75 tahun tersebut, dilaksnaakan secara hikmad bersama seluruh jajaran forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda), organisasi perangkat daerah (OPD), Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri), Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Dharma Wanita Persatuan dan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Usai melaksanakan upacara peringatan hari kemerdekaan, wali kota perempuan pertama di Mojokerto ini juga meresmikan patung Soekarno kecil di SMPN 2. Patung Soekarno kecil ini merupakan tanda bahwa sosok sang proklamator kemerdekaan pernah menempuh pendidikan selama menetap di Kota Mojokerto.

BeritaTerkait

Gaya Hidup

Berita Pilihan



Welcome Back!

Login to your account below

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Lewat ke baris perkakas