HOME // Peristiwa

 

WOM Finance Perusahaan Besar Didemo Ini Alasanya

 Pada: 14 Agustus 2020

wom finance
foto : wom finance mojokerto saat di demo karyawanya

lenteramojokerto.com | Prajuritkulon – Setelah langkah mediasi tak menemukan titik temu, untuk kedua kalinya WOM Finance Mojokerto akhirnya digerudug mantan karyawanya sendiri, kamis 13/8/2020.

,

Dengan menggunakan dua mobil komando dan sejumlah kendaraan roda dua, massa usai melakukan aksi di Pemkab Mojokerto langsung langsung menuju PT. WOM Finance, dan langsung melakukan orasi orasi serta menyampaikan tuntutan.

Dalam aksi tersebut di latar belakangi PT. WOM Finance dianggap tak membayar kekurangan upah dan pesangon bagi 14 karyawan yang sudah di PHK secara sepihak.

Koordinator aksi, Estin Sriwahyuni  yang juga ketua Federasi Serikat Rakyat Pekerja Mojokerto dalam orasinya mengatakan, kedatangannya adalah memingta kejelasan terhadap manajemen PT WOM Finance terkait 14 karyawan yang di PHK tanpa pesangon.

“ PT WOM Finance yang terkategori perusahaan besar masak tak mampu membayar upah pesangon karyawan yang di PHK, sudah sangat jelas bahwa saat ini dan dalam kasus ini masih mengacu UU no 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan bukan Undang undang Omnibus law”, Kata Estin.

Sementara itu Gigih Lukman Halim mantan karyawan PT WOM Finance yang di PHK menjelaskan, sejak bulan Mei lalu sebanyak 14 karyawan tiba-tiba diperhentikan tanpa ada kejelasan. Sebanyak 14 karyawan di PHK tanpa pesangon.

“Kita juga sudah menggelar mediasi dengan Disnaker. Hasil dari Disnaker menyampaikan, jika masalah tersebut harus segera dilakukan penyelesaian dari pihak perusahaan dengan pekerja. Mereka diberhentikan hanya melalui pemberitahuan secara lisan dan tidak mendapatkan pesangon,” ujarnya.

lebih lanjut Gigih juga memaparkan bahwa kawan kawanya yang di PHK ada yang sudah 12 tahun. Namun tanpa penjelasan, sebanyak 14 karyawan diberhentikan secara bergelombang tanpa pesangon. Pihaknya berharap manajemen PT WOM Finance segera menyelesaikan permasalahan tersebut.

BACA JUGA :  Dispendukcapil Kabupaten Mojokerto Ditutup Sejumlah Karyawanya Positif COVID-19

Parahnya, manajemen PT WOM Finance sendiri enggan memberikan keterangan terhadap awak media dan terkesan tak mengindahkan aksi yang dilakukan beberapa mantan karyawanya tersebut.

Setelah hampir satu jam melakukan aksi, masa membubarkan diri dan mereka berjanji akan mendirikan tenda di depan kantor WOM Finance Mojokerto. (roe)









Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.




VIDEO TERKINI