ADVERTISEMENT

Apa Itu Pengamen Tangguh, Ini Penjelasan Walikota Mojokerto

Pemkot Mojokerto Luncurkan Pengamen Tangguh“ Kota Mojokerto
foto : waalikota mojokerto menyerahkan bantuan
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on google
Pemkot Mojokerto Luncurkan Pengamen Tangguh“ Kota Mojokerto
foto : waalikota mojokerto menyerahkan bantuan

lenteramojokerto.com – Apa itu Pengamen Tangguh, begini penjelasan Walikota Mojokerto Ika Puspitasari saat meluncurkan program inovasi Pengamen Tangguh untuk melindungi para pekerja seni tersebut dari penularan Covid-19. Para musisi jalanan tersebut dibekali masker, faceshield, hand sanitizer, dan edukasi protokol kesehatan. Yang menarik, mereka juga diminta membawakan lagu-lagu yang mengampanyekan penerapan protokol kesehatan.

Ika Puspitasari mengatakan, para musisi jalanan tersebut jangan dimusuhi, tapi harus dibina dan diberdayakan. Ning Ita, sapaan akrabnya, menilai, bakat mereka layak dikembangkan.

”Keren-keren main musiknya. Sebenarnya, sejak awal tahun, saya sudah mendesain berbagai program pemberdayaan pekerja seni, termasuk musisi jalanan, seperti pelibatan mereka dalam kegiatan pemerintah, swasta, dan BUMN,” ujar Ning Ita saat meluncurkan program tersebut, Sabtu (25/7/2020), bersama jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

”Namun kemudian ada pandemi Covid-19, sehingga semua program tertunda. Tapi kita tidak melupakan mereka, sehingga ada program Pengamen Tangguh ini,” ujar wali kota perempuan pertama di Kota Mojokerto itu.

Ning Ita menjelaskan, dengan program Pengamen Tangguh ini, para musisi jalanan bisa tetap produktif menghibur warga dan sekaligus aman dari Covid-19. Para musisi jalanan harus dibekali dengan pelindung diri, mengingat mereka kerap berkeliling menghibur warga.

”Sekaligus ini bagian dari edukasi protokol kesehatan, seperti memakai masker, rajin cuci tangan pakai sabun, dan jaga jarak, karena mereka menyanyikan lagu-lagu ajakan taat protokol,” ujarnya.

Berita Terkait