ADVERTISEMENT

Refocusing sebesar Rp 149 Miliar Untuk Penanganan Covid 19, Diharap Tepat Sasaran

foto : ketua DPRD Kota Mojokerto
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on google
foto : ketua DPRD Kota Mojokerto

lenteramojokerto.com | Mojkerto – Meski dalam masa pandemi covid 19 Pimpinan dan anggota DPRD Kota Mojokerto gelar reses. Reses atau jaring aspirasi masyarakat merupakan forum pertemuan antara anggota Dewan dengan warga di masing-masing daerah pemilihan (dapil).

Tak lepas dari aturan pemerintah reses digelar dengan penerapan protokol kesehatan, seperti pembatasan jumlah warga yang diundang dan wajib bermasker bagi peserta reses.

Ketua DPRD Kota Mojokerto Sunarto mengatakan, masa reses menjadi media bagi anggota Dewan untuk menyerap aspirasi menerima pengaduan dan gagasan-gagasan yang berkembang di masyarakat.

“Reses murni untuk menjemput aspirasi masyarakat. Memberi solusi dan bukti. Jadi bukan ajang berpolitik,” kata Itok, sapaan karib Sunarto, Selasa (14/7/2020).

Menurut anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Mojokerto tersebut,
reses merupakan komunikasi dua arah antara setiap anggota legislatif dengan kontituennya. Setiap anggota Dewan turun secara langsung ke lapangan untuk menyerap aspirasi serta mengkomunikasikan apa yang telah dilakukan, tindak lanjut reses sebelumnya serta agenda strategis yang akan dilakukan ke depan.

“Keterlibatan masyarakat dalam reses akan memberi hasil yang lebih aktual dan berbasis fakta sehingga mudah untuk dikonfirmasi atau diklarifikasi ketika ada informasi yang membutuhkan penjelasan teknis dari peserta reses,” kata Itok.

Reses, sambung dia, juga menjadi instrumen yang baik untuk menjaring aspirasi dan masukan dari konstituen, juga untuk mendengar secara langsung implementasi berbagai kebijakan yang dibuat eksekutif. “Aspirasi masyarakat yang dihasilkan melalui reses ini yang nantinya menjadi pokok-pokok pikiran dewan yang disampaikan dalam usulan program yang akan dibawa ke Musrenbang tahun anggaran 2021. “Hasil reses ini merupakan kebutuhan nyata masyarakat,” imbuhnya.

Berita Terkait